Bagaimana Kinerja Perusahaan Itu Sudah Berhasil dengan Standar Pribadi?

Pertanyaan ini Saya dapatkan dalam kelas ketika mengajar Kewirausahaan bagi siswa-siswi di kampus. Pak Meriza, Bagaimana indikator minimal suatu bisnis kita bisa berhasil dengan pribadi kita? pertanyaan yang sangat berat.

Pertanyaan yang wajar ditanyakan oleh para entrepreneur sebelum dan bahkan ketika mereka sudah menjalankan bisnis tersebut. Ketakutan seseorang terhadap pencapaian yang hendak mereka raih dalam bisnis tersebut. Jadi, harus dijawab inimah.

Dalam konteks bisnis yang Saya pelajari dan Saya alami, maka laba adalah tujuan dari bisnis. Laba didapatkan dari selisih total revenue dibandingkan dengan total biaya perusahaan. Itulah yang harus menjadi perhatikan business owner.

Lalu, relevansi dengan bisnis individu adalah bagaimana laba tersebut minimal bisa memenuhi kebutuhan bulanan daripada setiap business owner. Minimal ini harus menjadiperhatian karena akan kebutuhan bulanan harus dipenuhi dari laba tersebut. Itulah indikator utamanya.

Dalam konteks bisnis, Saya membahasakan bagaimana bisa kita sebagai business owner menyelaraskan kebutuhan pribadi dengan kebutuhan perusahaan. Nilai minimal ini harus bisa dipenuhi. Tidak mungkinlah business owner bisa kerja dengan baik.

 

 

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.