Bedanya Manajer dengan Clerical

Berbedalah antara clerical dengan manajer. Itulah statement dari seorang anak didik saya dikelas. Jelas sekali bedanya Pak. Kata beliau. Dengan berapi-api, beliau memaparkan argumentasi yang bagi saya masuk akal juga.

Memang betul, manajer dengan clerical sangat berbeda. Salah satunya adalah clerical sangat fokus kepada pekerjaan atau aktivitas yang bersifat rutinitas. Rutinitas ini cirinya adalah yang bersifat pengulangan. Hal yang sama dilakukan berulang-ulang.

Mereka bekerja sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh manajemen. Prosedur yang sudah bersifat rigid dan jelas apa yang akan dikerjakan. Demikian juga bagaimana mengerjakannya. Harus dipahami hal ini. Ini ciri utamanya.

Bagi kita, apakah mereka salah? Tidak. Mereka memang membutuhkan prosedur yang jelas dan relevan denganpekerjaan mereka. Kejelasan dan ketegasan dalam tugas tersebutlah yang membuat bisnis berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, harus dihapami bagaimana membuat bisnis yang benar-benar didukung oleh clerical yang memiliki kompetensi yang kuat untuk menjalankan berbagai program dan kegiatan.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.