Belbiz #3 Komptensi Seorang Entrepreneur

web kompetensi indexBelajar bisnsi atau Belbiz yang menjadi program rutin dari GIMB Entrepreneur School di setiap minggu malam kemaren memasuki pertemuan yang ketiga. Alhamdulillah, program ini mulai mendapatkan respon positif dari entrepreneur dan juga sahabat radio K-Lite. Tanggapan dari mereka sudah positif dan bahkan menunggu program tersebut karena banyak ilmu yang didapatkan dari bahasan bisnis yang dibawakan secara santai.

Pelajaran yang diberikan oleh Kang Meriza, Kang Agus serta tamu seorang Syarif dan juga Nurdin membahas tema kompetensi seorang entrepreneur. Hal ini berawal dari penjelasan kang Meriza tentang bagaimana seorang entrepreneur sukses itu harus memiliki kompetensi yang tepat. Tetapi, sebelumnya, beliau menjelaskan materi yang sudah diberikan yaitu berhubungan dengan mindset seorang entrepreneur dan juga motif seorang entrepreneur untuk sukses.

Kompetensi berhubungan dengan knowledge, skill dan attitude yang harus dimiliki oleh entrepreneur karena tidak cukup seorang entrepreneur hanya action, action dan action. Oleh karena itu, setiap entrepreneur harus mempelajari, memahami, menghayati serta memanfaatkan KSA ini dalam setiap aktivitas bisnis mereka. inilah yang menjadi pesan utama Belbiz malam itu.

Ada 10 kompetensi bisnis yang harus dimiliki dan dikuasai serta dikembangkan dalam diri setiap entrepreneur yaitu knowing your business, knowing basic management, having adequate capital, having approriate attitude, managing finance effectively, managing time efficiently, managing people, satisfying customers with high quality product, knowing how to compete dan juga bisa membuat SOP. Itulah kompetensi yang harus dimiliki dan kang Meriza juga menambahkan untuk menguasai ICT dalam berbisnis.

Kang Agus juga memberikan tambahan penjelasan dan contoh yang relevan dengan kompetensi ini karena akan membuat pemahaman semakin mendalam. Kang Agus menggambarkan bagaimana knowledge dan skill tersebut seperti daging dan tulang yang saling berhubungan. Tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Oleh karena itu, entrepreneur harus terus bisa mengembangkan knowledge, skill dan attitude agar bisa mencapai tingkat sebagai ahli atau expert.

Syarif sebagai salah seorang bintang tamu juga memberikan gambaran bagaimana bisnis beliau yaitu cyberlabs yang berbisnis di bidang soft developer berawal dari kompetensi yang dimiliki yaitu bidang ICT. Inilah yang mengawali bisnis beliau. tetapi, saat ini beliau terus mengembangkan kompetensi dengan belajar di GIMB Entreperneur School.

Belajar Bisnis malam itu juga direspon banyak pendengar dengan sms dan juga twitter serta pertanyaan langsung kepada penyiar. Alhamdulillah, dapat dijawab semua dan membuat mereka mendapatkan pengetahuan baru untuk menjadi entrepeneur sukses.

« (Previous Post)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.