Benchmarking dan Entrepreneurship

web - benchamarkMata kuliah yang paling disenangi adalah berhubungan dengan entrepreneurship dan memang sudah menjadi mata kuliah yang harus dibina. Senangnya ini juga relevan dengan apa yang dipelajari di program DMB dimana konsep CSR mampu menghubungkan antara perusahaan besar dengan usaha mikro, kecil dan menengah yang memang banyak dimiliki oleh para entrepreneur.
Salah satu pengetahuan yang paling penting bagi setiap entrepreneur dalam mengembangkan bisnis adalah konsep benchmarking. Mungkin sudah sering didengar atau dipelajari oleh banyak orang, akan tetapi, belum dilaksanakan dengan baik.
Dalam pembelajaran di kelas, konsep ini seringkali digunakan untuk membuat pemahaman yang lebih baik untuk para mahasiswa tentang entrepreneurship. Konsep yang diajarkan dikelas, berupa teori-teori yang berhubungan dengan entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis dan manajemen yang digunakan oleh para entrepreneur.
Konsep dan teori yang diajarkan tersebut tidak cukup bagi para entrepreneur bila diimplementasikan dalam bisnis mereka. Jelas sekali, bahwa entrepreneurship dalam menjalankan bisnis mereka itu lebih banyak menggunakan seni atau art. Kondisi ini menuntut setiap entrepreneur harus benar-benar kreatif dan inovatif mengingat perubahan lingkungan begitu cepat.
Pilihan melakukan benchmarking ini menjadi penting. Benchmarking merupakan aktivitas melihat objek lain yang sejenis dengan objek yang ingin dibandingkan. Dalam konteks entrepreneur, mereka dituntut untuk jeli melihat pesaing yang sejenis dengan bisnis mereka.
Beberapa poin yang menjadi isu untuk dibandingkan oleh para entrepreneur adalah visi, misi, tujuan, strategi, policy, program keuangan, pemasaran, proses bisnis, sumber daya manusia dan teknologi informasi. Salah satu yang paling penting dari pesaing adalah budaya perusahaan atau corporate culture.
Aspek-aspek ini penting bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka. Perkembangan bisnis entrepreneur sangat ditentukan oleh konsep yang digunakan tersebut. Dengan melakukan benchmarking, banyak hal yang bisa dipelajari dan didapatkan oleh entrepreneur. Inilah pelajaran yang didapat dari kelas yang diikuti kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.