Berikan yang Terbaik Bagi Para Stakeholder

Satu hal paling penting dalam konteks Corporate Social Responsibility atau CSR adalah bagaimana memberikan value terbaik kepada para stakeholder perusahaan. Tentu kita harus ingat kembali konsep stakeholder tersebut dengan baik. Apa itu? masih ingatkah?

Hal ini adalah prasyarat utama dalam konteks CSR tersebut. Mereka adalah orang-orang yang memiliki pengaruh atau terpengaruh oleh kebijakan dan juga aktivitas perusahaan. Tentu mereka sangat penting bagi perusahaan. Kalau tidak. Akan mempengaruhi perusahaan jangka panjang.

Tentu perusahaan ingin adanya sustainability bagi perusahaan. Sustainability atau keberlanjutan adalah harapan para entrepreneur. Tidak ada yang berharap perusahaan itu hanya jangka pendek. Akan selalu berharap bisa lebih dari 10 tahun.

Bagaimana baiknya buat kita? pahami konsep ini. Selanjutnya lakukan denga untuk nuh hati kepada para stakeholder. Suka tidak suka, penting untuk menjadi kata kunci keberhasilan perusahaan kedepannya. Itulah bisnis.

Lalu, perlu diperjelas siapa stakeholder kita. Mapping atau pemetaan mereka sangat utama bagi kedepannya. Lalu, dari sinilah menjadi kata kunci. Akan diketahui harapan mereka kepada kita. Inilah awal kita memberikan value terbaik kepada stakeholder tersebut.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>