Aryan Pandam Raafi

Aryan Pandam Raafi

Imajinasi sebagai Modal Crucial Menjadi Owner dalam Premium Denim

 

Denim dan jeans, merupakan suatu istilah yang saling berkaitan. Sejak ditemukannya jeans di tahun 1650, sampai saat ini jeans tidak pernah ada kata “MATI”. Seluruh orang di dunia memakai jeans, remaja, dewasa, anak, pria, wanita semua memakai dan punya jeans. Kegunaan yang sangat berevolusi dari “Function” (sebagai celana pekerja tambang) hingga menjadi “Fashion and Passion”.

NOBRANDEDON, atau yang sering dikenal dengan kata Nobrandoleh para konsumennya, adalah sebuah brand dari produk denim yang berasal dari Bandung.Berdiri sejak awal Juli 2011, sang owner adalah seorang mahasiswa S1 Jurusan Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia. Masuk ke dalam kategori premium, yang mana setiap detail di setiap helai denim memiliki standar layaknya brand ternama di dunia, berkiblat pada cutting dengan tipe 7.5” yaitu slim fit, begitu juga dengan slim staight, slim tapered, bootcut fit, dan regular dengan detail seperti hidden rivets, tag paper, copper burr rivets,zip or button fly, rope inserted hem, dan tentunya terbuat dari material utama pure Indonesian finest denim dengan tebal beragam antara 12-15oz.Nobrand merupakan brand yang mengusung kreativitas, seni, kenyamanan, dan good looking di setiap helai produknya. Salah satu penemuannya adalah knee reinforcer pada jeans.

Keinginan kuat untuk membuktikan bahwa Indonesia kaya akan sumber daya yang dapat dimanfaatkan dengan sangat baik, kepedulian akan para penggemar jeans atau denim product lainnya yang menggunakan produk tiruan hanya untuk sebuah nama tanpa melihat sisi kualitas menjadi ide awal dalam melangkahkan bisnis Nobrand ini. Dengan menargetkan pasar kepada para pemuda, mulai dari siswa SMA hingga pegawai kantor, produk-produk Nobrand telah melakukan pengiriman untuk seluruh pulau di Indonesia, diantaranya Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Madura, dan daerah-daerah lainnya.

Tema yang diusung oleh Nobrand adalah “Tailored as Yummy Cuisine, Bar Tacked as Classy Appetizer”. Sama halnya dengan cuisine (santapan, makanan), yang mana 98% bagiannya adalah bahan makanan yang bisa disantap dengan nikmat. Begitu juga dengan Nobrand, yang mana 98% bagiannya terbuat dari bahan cottondan dipakai dengan sangat nyaman. Berbeda dengan konsep jeans yang sangat erat dengan kulit di bagian patch. Penggunaan bahan cotton twill sebagai patch dalam setiap produk Nobrand, selain mendukung adanya program go green, juga menghasilkan keindahan tersendiri dalam bentuk destroyed patch jika denim product yang digunakansudah berusia bertahun-tahun.

“Saya selalu membayangkan dengan imajinasi mengenai konsep 10 tahun ke depan, bagaimana kotak-kotak kayu besar yang berisi tumpukan jeansterpasang di dalam workshop; orang-orang berkerumun di depan workshop menunggu jam buka; rak-rak kayu berjejeran ditemani dengan tumpukan jeans; di ujung sana terdapat mesin chainstitch yang digunakan untuk free charge hemming setiap helai jeans yang dibeli konsumen; alunan musik indie yang dapat konsumen request; dan saya ada disana untuk melayani setiap pengunjung dengan senyuman beserta seluruh crew. Memang terlihat begitu besar dan imajiner, tapi semua kesuksesan bermula dari mimpi, mimpi yang memotivasi, mimpi yang ditentukan oleh visi, dan visi yang dijalankan oleh misi.”

Misi dalam bisnis saya adalah konsumen. Saya selalu mengikat konsumen dengan menu yang membuat mereka tergiur. Saya memiliki banyak program dalam berbisnis Nobrand, ini yang membuat konsumen kembali memesan untuk kesekian kalinya.

1. Free shipping for Bandung’s area, saya memberikan ongkir gratis untuk para konsumen yang berada di wilayah Bandung.

2. Lifetime guarantee and free repair, garansi seumur hidup dan gratis untuk perbaikan yang bukan berasal dari lamanya pemakaian.

3. #TheFirstforTheNext, program DISCOUNT 5% langsung untuk setiap konsumen yang melakukan pembelian untuk kedua kalinya untuk jenis apa pun, ini berlaku hingga pemesanan seterusnya, tidak ada batasan, alias promo yang didapat oleh setiap konsumen seumur hidup.

4. #RespectOldNobrand, program yang menurut orang terlihat ‘gila’, saya akan menukar dengan produk denim baru sesuai keinginan jika konsumen sudah memakai produk Nobrand selama bertahun-tahun dan menghasilkan denim dengan tekstur yang mengesankan.

5. #FeelFreePhotoSession, sesi pemotretan untuk setiap konsumen secara gratis dan bersamaan, bertempat di Bandung dengan lokasi yang sesuai dengan keinginan konsumen, komunikasi antar konsumen inilah yang menjadi poin inti dari program ini, selain itu foto mereka akan muncul di halaman web Nobrand.

6. #FreeOne’sNobrand, sebagai penutup akhir tahun, saya memberikan tiket undian untuk setiap pemesanan dimulai dari bulan Nopember, yang setiap minggunya akan ada 1 orang yang mendapatkan denim product secara gratis.

Seperti yang dirasakan oleh Tn. Ale di Pangkalanbun, Kalimantan Tengah, awalnya ia baru membeli salah satu artikel denim dengan warna hitam, yang kemudian melakukan repeat order dengan jumlah yang lebih dan mendapatkan DISCOUNT 5%. Sebelum melakukan transaksi, ia berkonsultasi mengenai sizing yang tepat dari atas hingga bawah kepada saya via BBM. Alhasil:

“Dulu ambil HOWITZER pertama kali, konsultasi fitting nanya-nanya via BBM aja, hasilnya sangat memuaskan. Sekarang menunggu kedatangan N-WP005 dan GORGEOUS, order kedua. Kalo udah mendarat, temen-temen udah pengen ikut order”

Di atas adalah apa yang saya maksudkan dari kalimat “Misi saya adalah Konsumen”, yaitu menciptakan kepuasan dan Word of Mouth.

Berikut adalahsatu dari beberapa foto-foto dari beberapa produk dan konsumen (sumber: dokumentasi pribadi, #FeelFreePhotoSession):

 

N-RC102 dry dark indigo stiff denim 13,5oz

 

Contact Person:

Jl. Jabung Blok C1 No. 10, Komp. Pharmindo, Cimahi Selatan

Aryan Pandam

08318667375/083821541130

Pin BB 2758D964

Website: www.nobrandedon.com

Facebook: Nobrandedonsmoothdenim

Twitter: @nobrandedon

Darahkubiru forum: nobrandedon.bdg.mmxi

Email: nobrandedonsmoothdenim@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>