Bisnis Itu Penuh Kompetisi dan Kita Harus Bisa Mencapai Competitive Advantage

Euforia tentang Piala Champions semalam benar-benar terlihat dari berbagai kalangan. Pertandingan final antara Bayern Munich melawan Borussia Dortmund adalalah menjadi antiklimaks atas persaingan antar tim sepak bola terbaik di Eropa. Hmmmm… Lalu, apa hubungannya dengan bahasan kita ini Pak Meriza? tanya mahasiswa saya.

Besar sekali hubungannya apabila kita bisa jeli melihat hal ini dalam konteks bisnis. Idealnya, kita benar-benar harus bisa mengambil pelajaran di sini. Pelajaran yang akan bisa membuat bisnis kita jauh lebih baik. Jauh lebih unggul dalam mencapai kinerja saat ini dan masa yang akan datang. Karena, keunggulan inilah yang menjadi target utama setiap entrepreneur.

Apa itu? kompetisi. Persaingan dalam konteks bisnis yang selalu ada dalam bisnis kita. Persaingan jangan dilihat sebagai sesuatu yang menakutkan bagi bisnis kita dikarenakan takut kalah. Atau takut persaingan itu akan merugikan kita. tidak.

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan terhadap persaingan. Pertama, kita perlu menyadari bahwa persaingan atau kompetisi itu ada dalam bisnis kita. Tidak bisa dilepaskan atau dianggap tidak ada. Persaingan itu pasti ada. Kedua, Menyadari bahwa persaingan tersebut tidak hanya berdampak negatif, akan tetapi bisa menjadi positif bagi kita.

Ketiga, menyadari kita harus bisa mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage dalam bisnis kita dibanding pesaing. Competitive advantage itu akan membuat bisnis kita bisa menag dalam persaingan. Keempat, memahami siapa saja pesaing utama kita dalam bisnis. Memetakan pesaing itu sangat penting sehingga kita tahu siapa lawan. Pesaing adalah setiap orang atau perusahaan yang memproduksi produk yang sama dan menyasar pasar yang sama.

Kelima, memahami kekuatan, kelemahan dan strategi dari pesaing. Adanya pernyataan bahwa kita harus lebih paham tentang pesaing, berarti kita lebih mudah mengalahkan pesaing, itulah adanya. Keenam, mengukur kekuatan dan kelemahan kita juga. Hal ini penting buat menilai bisnis kita itu.

Ketujuh, menerapkan strategi menghadapi pesaing. Inilah yang paling penting. Bila menggunakan strategi generiknya Porter, ada empat pilihan strategi yaitu cost leadership, focus cost leadership, diferensiasi, fokus diferensiasi, akan menjadi keputusan kita menghadapi strategi.

Intinya adalah bagaimana kita melihat persaingan tersebut sebagai sesuatu yang menakutkan, tetapi harus dimenangkan untuk mencapai comeptitive advantage yang pada akhirnya mencapai kinerja perusahaan yang sesuai dengan tujuan bisnis yaitu profit, people, planet dan sustainability.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.