Buat Siapa Corporate Social Responsibility

Konsep CSR atau corporate social responsibility sudah menjadi konsep yang banyak dibahas oleh para ahli manajemen dan juga praktisi bisnis. Hampir semua orang bicara tentang CSR ini. Akan tetapi, perlu disadari, buat siapa sebenarnya CSR tersebut.

Secara mendasar, bagi Saya, CSR tersebut harus mampu memberikan value kepada seluruh stakeholder perusahaan. Ingat, konsep stakeholder disini dimaksud adalah setiap orang dan pihak yang mempengaruhi dan terpengaruh oleh kebijakan dan kegiatan perusahaan. Lalu?

Bagi program CSR itu sendiri, perlu dilihat secara lebih luas. stakeholder ini jangan dilihat orang luar saja, akan tetapi lebih luas. Orang dalam perusahaan juga termasuk dalam konsep ini. Lho, kok bisa? ya iyalah.

Dalam manajemen, ada beberapa value yang harus dipenuhi harapannya. Pertama adalah customer value. Hal ini menyangkut pelanggan dari perusahaan kita. Mereka memiliki peran yang sangat besar bagi perusahaan. Akibatnya, mereka sangat terpengaruh dengan perusahaan. Value kedua adalah bagi karyawan perusahaan.

Value selanjutnya adalah pemegang saham dan juga stakeholder lainnya. barulah social responsibility. Berdasarkan gambaran tersebut, jelas bahwa CSR itu ditujuan untuk seluruh stakeholder perusahaan. Bukan hanya orang luar saja.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>