Buku apa yang harus dibaca oleh seorang entrepreneur?

Keinginan para entrepreneur untuk menjadi seorang knowledge based entrepreneur sudah mulai muncul dari anak-anak yang saya bina di beberapa komunitas yang ada sehingga membuat saya mulai bersemangat kembali untuk terus memberikan suppoert kepada mereka untuk belajar, belajar dan belajar sambil berbisnis sebagai main activity seorang entrepreneur.

 

Kemaren saya ditanyakan buku apa yang sebaiknya saya baca untuk meningkatkan pengetahuan saya agar kualitas seorang entrepreneur dapat meningkat?
Waduh, pertanyaan yang sangat tajam untuk saya ketika berhubungan dengan peningkatan knowledge seorang entrepreneur. Dalam pikiran saya, hal mendaasar yang harus dimiliki dan dibaca oleh seorang entrepreneur adalah buku tentang mindset seorang entrepreneur sukses karena menjadi seorang entrepreneur adalah berhubungan dengan mindset atau pola pikir yang harus mereka miliki sebagai entrepreneur sukses.
Buku-buku yang saya sarankan lebih baik bersifat praktif tetapi juga mengandung sisi akademisi yang berisikan konsep dan teori yang relevan dengan entrepreneurship. Dari buku tentang seorang entrepreneur sukses ini akan banyak memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi kita untuk menjadi seorang entrepreneur. Susah senang orang yang dipelajari akan mampu membuat kita paham bagaimana menjadi seorang entrepreneur sukses tersebut.
Buku selanjutnyaadalah buku yang berhubungan dengan kreativitas dan inovasi. Bagaimana seorang entrepreneur bisa meningatkan kreativitas dan inovasi sebagai ciri utama seorang entrepreneur sukses. Kreativitas berhubungan dengan ide-ide sedangkan inovsi berhubungan dengan ide-ide yang bisa diterima oleh pasar. Bisa berupa peningkatan atau penambahan manfaat dari suatu produk ataupun bentuk, warna dan lain-lain sehingga bisa diterima oleh pasar.
Apakah cukup buku itu saja? Menurut saya, ada lagi yang perlu dibaca oleh seorang entrepreneur. Masih ingat apa yang saya sampaikan dulu bahwa dalam konteks entrepreneurship, konsep entrepreneurship sangat diperlukan diawal bisnis sebagai awal atau memulai usaha. Akan tetapi untuk mengembangkan bisnis tersebut diperlukan manajemen.
Nah… inilah awal cerita kenapa seorang entrepreneur harus membaca buku-buku yang berhubungan dengan manajemen karena dalam hal ini, seorang entrepreneur harus mampu bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Bekerja dengan orang lain inilah yang harus menjadi perhatian utama bagi seorang entrepreneur yang sukses karena tidak mungkin mereka bekerja sendiri karena kreativitas dan inovasinya harus berjalan terus dan pekerjaan yang bersifat rutinitas harus didelegasikan kepada orang lain.
Buku-buku manajemen tersebut harus berhubungan juga dengan manajemen stratejik, manajemen keuangan dan akuntansi, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia. Apakah harus dikuasai semua ilmu tersebut? Bagi saya, iya, karena disitulah fungsi-fungsi manajemen dalam suatu perusahaan harus dikembangkan.
Selanjutnya buku yang harus dibaca adalah buku tentang psikologi yang membahas seorang manusia yang merupakan inti dari seorang karyawan maupun konsumen, buku sosiologi yang intinya membahas tentang bagaimana hubungan antar manusia karena dalam perusahaan adalah sebuah sistem sosial yang terdiri dari banyak orang serta buku antropologi yang lebih menekankan pada bahasan budaya yang menyangkut belief, habit, komunikasi, bahasa yang digunakan oleh manusia dalam lingkungan perusahaan.
Jadi, banyak sekali buku yang merupakan representasi dari pengetahuan yang harus dikuasai oleh seorang entrepreneur ya? Ya begitulah … jadi, marilah kita menjadi knowledge based entrepreneur agar sukses dalam bisnis.

by : Meriza Hendri, Coach GIMB

Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/buku-apa-yang-harus-dibaca-oleh-seorang.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.