Butuh Dana untuk Memulai Bisnis

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang kesekian kalinya saya terima dari penanya tentang entrepreneurship dan termasuk semalam dalam dialog on air di Radio Bobotoh FM Bandung yang menanyakan  bagaimana mendapatkan dana untuk memulai bisnis pijit bagi tuna netra yang berdomisili di Bandung.
Di satu sisi, saya kagum dengan Bapak tersebut karena tingginya minat untuk berbisnis dan tidak menyerah. Beliau memilikiketerbatasan dalam melihat tetapi keterampilan yang dimiliki yaitu memijit adalah suatu keahlian yang bisa di pasarkan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan pijat yang tentu sangat banyak yang membutuhkan.
Disisi lain, saya melihat adanya kesalahan cara pandang untuk mendapatpkan dana karena mereka masih melihat bank adalah satu-satunya sumber untuk mendapatkan dana untuk memulai bisnis yang mereka jalankan untuk membeli peralatan pijit, sewa tempat dan lain-lain.
Saya berusaha untuk tidak membuat bapak tersebut merasa kecewa untuk tidak mendapatkan dana dari perbankan karena berdasarkan pengalaman saya, lebih baik diawal bisnis tersebut tidak berhubungan dengan uang pinjaman dari bank.
Lebih baik untuk mendapatkan dana diawal bisnis tersebt adalah dari dana sendiri dalam artian bisa jadi aset yang dimiliki dijadikan modal, seperti motor yang di”sekolah”kan, atau dijual dulu.
Sumber lainnya adalah dari orang-orang terdekat seperti orang tua, keluarga, teman, saudara yang notabene mereka tidak membutuhkan jaminan untuk mendapatkan pinjaman tersebut.
Dalam konteks ini, kepercayaan yang dimiliki oleh seorang entrepreneur dari oran-orang terdekatnya adalah mutlak sehinga mereka percaya untuk meminjamkan dana.
Langkah inilah yang harus disadari oleh seorang entrepreneur dalam menjalankan usaha.
Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/butuh-dana-untuk-memulai-bisnis_4926.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.