Cerdas Melihat Isu,Keahlian Seorang Manajer Pemasaran

Cerdas melihat isu.. itulah yang saya sampaikan kepada teman-teman yang bertanggung jawab dalam bidang pemasaran dan para entrepeneur kemaren dalam sesi sharing pengetahuan untuk peningkatan kualitas entrepeneurship yang diselenggarakan oleh salah satu sekolah bisnis di Kota Bandung.

Apa relevansinya dengan pemasaran? Seperti yang kita ketahui, aspek penting dalam manajemen pemasaran adalah merubah persepsi pasar atas produk berupa barang, jasa, ide, tempat, orang, pengalaman, event yang kita tawarkan kepada mereka dengan tujuan akan terjadi transaksi pembelian, kepuasan pelanggan dan akhirnya mereka loyal dengan apa yang sudah mereka beli kepada kita.

Tingkat loyalitas yang biasa  kita kenal terdiri dari repeat purchase, buying others, menawarkan kepada yang lain dan bahkan menolak bila pesaing menawarkan produk yang sejenis kepada mereka dan tetap membela produk kita.
Persepsi inilah awalnya yang harus dipahami oleh seorang pemasar. Persepsi konsumen terhadap produk ini relevan dengan kecerdasan kita melihat isu yang berada diseputar lingkungan internal dan eksternal perusahaan.
Perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat harus dijadikan dasar untuk menentukan isu yang mana yang harus digunakan sebagai pesan dalam promosi pemasaran suatu produk. Sebagai contoh, isu akhir tahun 2012 dapat digunakan untuk memasarkan program pelatihan untuk menyusun rencana kerja dan anggaran tahun depan kepada manajemen perusahaan, bila kita memiliki perusahaan pelatihan.
Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/cerdas-melihat-isu-keahlian-seorang.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.