Contingency Plan

web CP imagesTadi pagi, sempat membuat marketing plan untuk beberapa produk yang dihasilkan oleh beberapa klien yang ingin menyempurnakan perencanaan pemasaran mereka. Marketing plan, tentu entrepreneur tidak asing dengan konsep ini karena relevan dengan business plan yang memang harus dibuat dan dimiliki agar tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang bisa tercapai.

              Marketing plan penting dalam menerjemahkan business plan yang sudah dibuat tersebut. Ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam konteks ini ketika bisnis dan pemasaran tersebut dihubungkan dengan lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, mengalami turbulensi serta tidak bisa dikontrol yang nantinya bisa berdampak pada kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam aspek internal dan peluang dan ancaman pada aspek eksternal perusahaan.

              Oleh karena itu, dalam marketing plan dibutuhkan contingency plan dari setiap perencanaan pemasaran yang sudah dibuat. Rencana alternatif yang harus disiapkan ketika perusahaan menghadapi hal-hal yang tidak diduga. Hal ini berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur harus bisa tetap konsistensi pada pencapaian tujuan bisnis seperti di atas. Profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.

              Untuk itu, setiap entrepeneur harus bisa melakukan analsisi terhadap risk management atau manajemen resiko dimana kita harus bisa mengidentifikasi resiko-resiko yang muncul, baik resiko bisnis maupun resiko yang disebakan oleh faktor non bisnis dan teknis. Kemudian, dihitung dampaik dari resiko tersebut. barulah pada akhirnya ditetapkan alternatif solusi atas resiko yang terjadi pada bisnis kita.

              Disinilah arti contingency plan tersebut dimana setiap entrepreneur harus membuat alternatif solusi dan program, kemudian anggarannya serta siapa yang menjalankannya. Dengan alternatifk ini, diharapkan resiko yang ditanggung oleh setiap entrepreneur akan semakin minim. Pengetahuan dan pengalaman serta skill dan attitude setiap entrepreneru akan sangat berpengaruh dalam membuat contingency plan ini.

              Untuk membuat contigency plan tersebut, setiap entrepreneur yang ingin juara perlu membersiapkan beberapa hal. Pertama adalah menyadari konsep bisnis dan pemasaran tersebut bertujuan untuk create money dan tujuan yang sudah dibahas di atas tadi. Tidak boleh salah dalam konsep tersebut karena akan berdampak kepada bisnis yang dijalankan itu sendiri. Profit itu adalah dasar untuk memberikan benefit kepada yang palin baik people dan planet serta sustainability, tumbuh dan berkembang.

              Dalam konsep profit, dimana Total Profit (TP) = Total revenue (TR) – Total Cost (TC) berhubungan langsung dengan pemasaran yaitu untuk meningkatkan total reveneu itu sendiri melalui Price x Quantity. Peranan yang bersifat stratejik ini lah yang membuat setiap entrepreneur harus berfikir bagaimana membuat perencanaan pemasaran atau marketing planning yang dapat berkontribusi optimal pada pencapaian tujuan bisnis.

              Kedua, setiap entrepreneur harus menyadari bahwa bisnis mereka berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah dan akan berdampak kepada bisnis mereka. Tidak ada yang tidak berubah atau statis. Karena itu hanya akan membuat entrepreneur menjadi daif dan akan rugi sendiri ketika memang menghadapi perubahan lingkungan bisnis. Dampaknya? Jelas, akan berpengaruh kepada capaian dari tujuan bisnis mereka. ini juga yang terjadi dengan pemasaran.

              Ketiga, sensitif dengan proses bisnis mereka. proses bisnis yang terdiri dari SIPOC yaitu supplier, input, process, output dan juga consumer adalah bagian yang harus dianalisis karena melekat dengan pemasaran juga. Percuma promosi bagus tertapi proses didalamnya tidak benar. oleh karena itu, diperlukan pengetahuan kalau terjadi apa-apa dalam proses tersebut. barulah setelah itu dihitung dampaknya kepada bisnis mereka.

            Keempat, dicari alternatif solusi untuk memiminalisir resiko. Sekali lagi, inilah yag dimaksud dengan contingency plan untuk pemasaran sehingga setiap resiko yang terjadi, yang disebakan oleh hal-hal yang tidak terduga tetap bisa diminimalisir dampaknya kepada pencapaian target perusahaan dan tujuan juga terus dapat dicapai dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.