CSR = Sustainability Bisnis Kita

 

Itu adalah konsep yang saya dapatkan dari berbagi literatur yang membahas tentang corporate social responsibility atau CSR. Konsep yang sangat penting bagi perkembangan bisnis kedepannya. Kenapa demikian?

 

Saat ini, adanya gerakan membangun bisnis jangka panjang bagi setiap enttrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka adalah fenomena yang sangat menarik. Fenomena yang membaut bisnis kita itu semakin bergairah. Tidak lagi madesu, apa itu? Masa depan surama, ha, ha, ha……

Kenapa peduli kepada CSR dalam membangun bisnis yang jangka panjang? Kepedulian kepada people atau masyarakat yang mempengaruhi ataupun terpengaruh oleh setiap kebijakan dan tindakan bisnis kita adalah penting. Akan menentukan bisnis kita kedepannya.

Banyak kasus perusahaan yang tidak memiliki hubungan baik dengan para masyarakat , pada akhirnya proses bisnis mereka menjadi terganggun. Terganggun oleh masyarakat sekitar mereka. ada yang memblokir, ada yang merusak fasilitas dan lain-lain.

Bagi perusahaan yang mampu menjaga hubungan baik dengan para masyarakat, mereka memiliki peluang untuk berkembang bersama masyarakat itu sendiri. pelunag ini sangat bermakna untuk saat ini dan jangka panjang. Bahkan masyarakat membantu perusahaan ketika menghadapi masalah dalam bisnis mereka.

Selanjutnya adalah bagaimana peranan dari kemampuan mengelola lingkungan alam. Lingkungan alam juga menentukan keberhasilan dalam membuat keberlangsungan bisnis para entrepreneur itu sendiri. terlihat bagiamana pengerauh dari perusahaan yang gagal yang menjaga kelestarian alam terhadap bisnis mereka. banyak perusahaan yang menjalankan illegal logging dan berdampak pada bisnsi mereka yang tidak jangka panjang. Nah lho…

Beda lagi dengan perusahaan yang peduli dengan kelestarian lingkungan alamg. The bodyshop adalah contohnya. Perusahaan ini besar dengan kepedulian pada lingkungan alam. Sekarang, bagaimana dengan kita. bagi para entrtepreneur, baik perusahaan besar ataupun kecil dan menengah, tetap, konsep CSR perlu diterapkan agar bisa mendapatkan sustainability dalam bisnis mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.