Entrepreneur Harus Menjadi Ahli Strategi

web strategyDalam materi yang saya berikan kemaren di kelas GIMB Entrepreneur School (GES) batch 10 dengan peserta entrepreneur dari berbagai bisnis. Dalam satu sesi tanya jawab, saya mendapatkan feel yang luar biasa tentang materi yang sudah diberikan selama ini yaitu bagaimana setiap entrepreneur harus berfikir strategic sehingga mereka dituntut untuk menjadi seorang ahli strategi.

hmmmmm…. inilah yang menjadi bahasan selama hampir dua setengah jam kemaren. Setiap isu dan permasalahan yang dihadapi oleh setiap entrepeneur selalu berhubungan dengan lingkungan internal dan eksternal entrepreneur itu sendiri sehingga dengan mudah dimodelkan bahwa benar mereka harus berfikir strategic.

Secara sederhana, ahli strategi itu dipegang oleh setiap entrepreneur karena mereka memang harus memenangkan persaingan bisnis di lapangan bisnis yang dianggap sebagai war field bagi para entrepreneur. Inilah awal yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur dalam mindset mereka sebelum menjalankan bisnis.

Tentu setiap entrepreneur harus memahami terlebih dahulu konsep strategi agar jelas dalam menentukan sikap mereka. Strategi merupakan perencanaan jangka panjang yang menghubungkan antara lingkungan internal dan eksternal sehingga tetap bisa mencapai tujuan dengan efektif dan efisien oleh setiap entrepreneur. Konsep ini jelas bagaimana entrepreneur harus membuat rencana jangka panjang yang bagi saya minimal 10 tahun.

konsep selanjutnya dalam definisi di atas adalah adanya lingkungan internal dan eksternal dalam strategi tersebut. Hal inilah yang menjadi dasar berfikir strategi yaitu harus memperhatikan lingkungan internal yang berimplikasi pada kekuatan dan kelemahan setiap entrepreneur dalam bisnis mereka. selain itu, memperhatikan lingkungan eksternal yang berdampak kepada peluang dan ancaman yang dimiliki.

Tentu tugas entrepreneur dalam berfikir strategi adalah meningkatkan kekuatan dan meminimalisir kelemahan. Demikian juga dengan lingkungan eksternal yaitu mengoptimasi peluang dan meminimalisir ancaman yang datang. Ini penting agar setiap entrepreneur bisa memahami posisi mereka didalam industri tersebut. posisi inilah yang nantinya menentukan strategi yang harus diambil oleh setiap entrepreneur.

Yang terakhir adalah bagaimana setiap entrepreneur harus fokus kepada tujuan yang hendak dicapai dalam bisnis. Seorang entrepreneur harus terus berorientasi kepada tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang yang harus dicapai. Fokus kepada tujuan akan menjadikan entepreneur terarah dan tidak cepat berpuas diri dalam setiap bisnis yang mereka jalankan.

Inilah yang dimaksud bahwa setiap entrepreneur harus benar-benar menjadi ahli strategi yang dalam bahasa profesor saya adalah bagiamaan mendapatkan pilihan yang terbaik yang dapat memberikan superior value bagi konsumen karena tingginya persaingan saat ini menuntut setiap entrepreneur bisa mencapai keunggulan bersaing (competitive advantage) agar bisa menghasilkan kinerja yang sesuai dengan target entrepreneur itu sendiri.

Dalam konteks ini, setiap entrepreneur harus bisa memenangkan persaingan yang ada dan tidak ada kata kalah dalam bisnis. Tanggung jawab entrepreneur untuk mengarahkan bisnis dan perusahaan mereka agar bisa tetap unggul dibandingkan dengan pesaing yang terus berupaya mencari kelemahan entrepreneur dalam berbisnis. So… belajar dari kelas kemaren, saatnya entrepreneur fokus kepada bagaimana menjadi ahli strategi dalam setiap bisnis mereka. ….sukses buat kita semua…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.