Entrepreneur Juga Seorang Manusia

Kemaren, saya bertemu dengan salah seorang entrepreneur dan bercerita tentang bisnis beliau. Bisnis yang sudah dijalankan beberapa tahun ini, dilewati dengan berbagai proses. Ada yang enak tetapi ada juga yang sakit. Tapi, itulah bisnis. berproses dan selalu bergerak. Tidak pernah berhenti.

Salah satu hal yang paling diingat oleh beliau adalah kesalahan dalam membuat keputusan. Keputusan yang dibuat sehubungan dengan bisnis juga pernah salah. Hal ini disebabkan oleh kesalahan dalam melihat dan menilai informasi yang ada disekitar beliau. Benarkah? Begitulah, kata beliau.

Akan tetapi, beliau bilang, Pak, entrepreneur juga manusia. Bisa berbuat salah. Hmmmm… benar juga ya. Kesalahan. Rupanya juga relevan dengan seorang entrepreneur. Apa yang perlu dipahami dan harus dilakukan? Pertama, pahami memang entrepreneur juga seorang manusia. Manusia itu ada salahnya juga. Inilah fakta. Tetapi…

Kedua, pahami bahwa manusia itu diminimalkan untuk berbuat salah. Minimalisir kesalahan adalah target utama. Lakukan perbaikan. Ketiga, ambil pelajaran dari kesalahan tersebut. Jangan pernah melewati begitu saja. Kesalahan itu memiliki pelajaran.

Keempat, lakukan perbaikan atas kesalahan tersebut. Perbaikan itu penting. Kelima, berkomitmen untuk langsung membuat perbaikan tersebut. Keenam, belajar terus sebagai entrepreneur. Ketujuh, hati-hati dalam mengambil keputusan. Hitung benefit dan resiko atas keputusan itu.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.