Evaluasi I Love Business On Radio

ILB-Peserta-Yanwei-CanTadi malam, kegiatan I Love Business on Radio di Radio Zora sangat berbeda, karena seharusnya ada pembicara tamu yang memiliki ruko di Batun nunggal dan saya sudah mempersiapkan materi yang akan dibahas dan ditanyakan kepada pembicara tamu. Senang sekali kesempatan yang berbeda ini membahas sesuatu yang berhubungan dengan properti. Bidang yang memang diharapkan nantinya saya bisa masuki, he…he, siap-siap ya, kang Yanto, Pak Iwan sharing ilmu dan peluangnya…

Akan tetapi,secara mendadak, ada informasi dari Bapak Sam, direktur Radio  Zora bahwa pembicara tamu untuk minggu depan, hmmm… kaget pastinya. Karena tidak diberitahu sebelumnya. Akan tetapi, ini adalah peluang untuk diri dan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas sebagai narasumber untuk kegiatan ini. saya juga jadi teringat dengan konsep promte dalam public speaking dimana harus siap secara mendadak untuk menyampaikan sesuatu di depan publik.

Dengan berfikir cepat, dapatlah tema yang akan dibahas semalam yaitu melakukan evaluasi atas program I Love business on radio selama ini yang sudah mendatangkan tamu-tamu yang luar biasa yaitu Jodi (Bober Cafe), Bang Zoel (HIPKI), Teh Lina (Umroh dan property), Kang Helma, Ergy Jersey, Sissy Basreng, Dea Supernova. Adapun pembahasnya adalah Meriza, Agus dan Avip serta dipandu oleh Mba Friska.

Evaluasi yang didapat dari mereka adalah pertama, memang mereka berbisnis dari potensi diri yang mereka miliki masing-masing. Potensi menjadi salah satu kunci sukses setiap entrepreneur dalam berbisnis karena inilah yang mempengaruhi bagaimana setiap entrepeneur bisa menumbuhkembangkan bisnis mereka nantinya. Potensi diri yang terbentuk dalam diri setiap pembicara tamu terlihat dari bagaimana lingkungan, baik lingkungan keluarga mapun linkungan keseharian mereka mempengaruhi potensi tersebut.

Kang Jodi dengan lingkungan bisnis keluarga yang sangat kental dengan kuliner. Adapun dea dengan lingkungan keluarga yang berbisnis rajut juga memberikan warna tersendiri. Potensi yang ada dalam diri tersebut harus digali dan dikembangkan agar memberikan value yang optimal bagi setiap entrepeneur dalam bisnis mereka. Oleh karena itu, pelajaran pertama yang bisa diambil adalah bagaimana berbisnis itu berdasarkan potensi akan bisa mempercepat keberhasilan dalam pelaksanaanya.

Kedua, mereka memiliki passion yang luar biasa dalam bisnis tersebut. Banyak tantangan dalam bisnis yang bisa mereka hadapi dan passion membuat bisa lulus dari “ujian” tersebut. Passion atau hasrat setiap pembicara tamu terlihat jelas bagaimana mereka sangat happy dengan bisnis yang dipilih. Meskipun banyak masalah yang dihadapi selama menjalankan bisnis tersebut.

Ketiga adalah berbisnis dengan knowledge. Pengetahuan bisnis dan manajemen menjadi penting dalam bisnis. Pengetahuan penting untuk terus ditingkatkan karena seorang entrepeneur itu akan sukses bila bisa

Keempat, memang betul bahwa seorang entrepeneur itu harus menjadi ahli strategi. Yang kelima, entrepeneur itu tidak bisa lepas dari kuasa Allah dimana ada usaha dan doa yang tiada henti.

Kita mengajak teman-teman entrepeneur lainnya untuk berbagi di radio ini, baik on air maupun acara of air nantinya. So, semoga pelajarannya bermanfaat…. sukses buat kita semua..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.