Experiental Marketing dan Entrepreneur

web ex indexDalam satu kondisi, setiap entrepreneur perlu berfikir bagaimana memberikan pengalaman kepada calon konsumen yang akan membeli produk mereka. Kerangka berfikir stratejik ini perlu dilakukan karena semakin tingginya tingkat persaingan yang dihadapi oleh para entrepreneur.

Bagi entrepreneur, jelas bahwa lingkungan bisnis itu selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi, salah satunya adalah lingkungan konsumen itu sendiri.

Konsep experiential marketing bukanlah konsep yang baru, akan tetapi, kalau dihubungkan dengan perilaku konsumen, hal ini berhubungan dengan internal konsumen yang salah satunya dipengaruhi oleh persepsi dimana setiap konsumen akan sangat dipengaruhi oleh persepsi. Akan tetapi, persepsi tersebut bisa benar dan bisa juga salah. Bagaimana persepsi mereka terhadap produk-produk para entrepreneur? bisa jadi seperti itu.

Dua hal yang mempengaruhi persepsi ini adalah knowledge dan juga pengalaman mereka terhadap produk yang ditawarkan. Pengetahuan mereka terhadap produk akan sangat mempengaruhi persepsi terhadap produk. Konsep what, why, who, when, where serta how itu penting bagi konsumen. Oleh karena itu, penting bagi entrepreneur memberikan pengetahuan yang benar terhadap produk tersebut.

Yang kedua adalah pengalaman calon konsumen terhadap produk. Pengalaman ini penting dan bahkan lebih berpengaruh terhadap persepsi mereka. Dalam kontek pengalaman ini, seorang entrepreneur bisa mempengaruhi konsumen melalui pancara indera mereka yaitu see, hear, feel, taste dan smell. Panca indera calon konsumen bisa dimanfaatkan agar persepsi mereka menjadi positif terhadap produk kita.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu memberikan pengalaman dengan mencoba produk sehingga calon konsumen bisa melihat keunggulan produk, merasakan (feel) produk tersebut, mencium (smell), mendengarkan produk (hear)  dan bahkan bisa mencicipi (taste) produk tersebut. Dampaknya akan bisa merubah persepsi mereka terhadap produk entrepreneur. so, berikan pengalaman kepada calon konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.