Fokus Pada Pekerjaan Sampai Selesai, Output dan Outcome

Kemaren, saya diingatkan oleh salah seorang teman tentang pekerjaan. Pekerjaan ini sehubungan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan agar bisa menghasilkan ouput dan outcome yang sudah ditetapkan.

Pekerjaan yang diingatkan kemaren berhubungan dengan bagaimana seseorang harus menyelesaikan pekerjaan yang sudah dimulai. Pekerjaan yang sudah dimulai harus diselesaikan. Suka tidak suka, pengerjaan pekerjaan sampai selesai adalah sesuatu yang harus diperhatikan.

Pelajaran dari teman saya kemaren adalah bagaimana dalam mengerjakan pekerjaan harus sampai selesai. Fokus pada output dan outcome dari pekerjaan tersebut adalah harus menjadi perhatian para pebisnis. Selesaikan pekerjaan.

Dalam konteks bisnis, ini harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai pekerjaan tidak selesai. Malah nggak jelas diakhirnya. Oleh karena itu, kita harus bisa memperhatikan beberapa hal dalam setiap pekerjaan.

Pertama, buat tujuan dari setiap pekerjaan yang dilakukan. Tujuan tersebut harus spesifik, terukur, dapat dicapai, reasonable dan time table. Tujuan menjadi penting.

Kedua, membuat output yang jelas. Ketiga, membuat outcome yang jelas dan terukur. Keempat, perhatikan proses dalam pekerjaan itu, Kelima, buat pengorganisasian atas pekerjaan. Keenam, kerjakan dan etujuh, lakukan evaluasi dan kontrol atas pekerjaan tersebut.

Jadi, marilah kita bekerja sampai selesai dan fokus pada output dan outcome yang jelas dan terukur. Terakhir, gunakan manajemen dalam pengerjaannya. Sukses buat kita semua….

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.