GIMB Entrepreneur School Batch 2, Belajar Internal Business Process, 8 Juni 2013

Kelas GIMB Entrepreneur school pagi ini sangat menarik. Para peserta yang memang sudah ditetapkan dalam jadwal kelas. Apa pelajaran utamanya? Pagi ini mereka disiapkan dengan pelajaran tentang internal business process. Hal ini lebih dikenal dengan IBP.

Dalam konteks manajemen, internal business process sangat penting. Karena laba perusahaan itu sangat relevan dengan IBP tersebut. IBP akan menentukan jumlah biaya yang melekat dalam bisnis. Bila biaya tinggi, maka laba akan turun. Sebaliknya, bila biaya turun, maka laba akan naik.

Jelas sekali internal business process menjadi penting bagi para entrepreneur. Setiap saat mereka akan mempengaruhi laba perusahaan. Pagi ini, saya mengajarkan bagaimana membuat sop sebagai salah satu hal penting bagi proses bisnis. SOP itu akan menentukan bagaimana proses bisnis bisa berjalan dengan baik.

Banyak pertanyaan selama pelajaran dikelas. Pertanyaan yang berhubungan dengan bagaimana membuat SOP. SOP ini belum terbiasa bagi para entrepreneur. Sulit sekali untuk menjelaskan. Akan tetapi, mereka harus dihadapi dengan sabar.

Dalam pembelajaran ini, dibahas juga bagaimana mereka membuat SOP. Berupa praktek langsung dalam bisnis. Praktek yang relevan dengan bisnis mereka. Itulah kata kuncinya. Mereka jadi senang.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>