Harga Pokok Penjualan

Tadi pagi, Saya menerima BBM dari salah seorang anak binaan Saya yang bertanya tentang salah satu isu utama dalam aspek keuangan yang begitu utama dalam perusahaan. BBM tersebut sangat mengagetkan bagi Saya yang sudah menjadi seorang pembina bagi anak-anak tersebut.

Pertanyaan tersebut berhubungan dengan penempatan Harga Pokok Penjualan atau yang lebih dikenal dengan HPP dalam setiap pencatatan keuangan perusahaan. Hal ini sangat penting dalam pemahaman seorang entrepreneur terhadap kondisi keuangan.

Banyak keputusan strategis perusahaan yang harus diambil oleh setiap entrepreneur berdasarkan laporan keuangan dan khususnya HPP tersebut. Anak binaan Saya tersebut salah dalam penempatan HPP dalam setiap laporan keuangan.

Berdasarkan kondisi tersebut, Saya melihat pemahaman atas laporan keuangan dari setiap entrepreneur yang merupakan binaan saya harus dipertegas dan diperjelas. laporan keuangan tersebut dapat dibagi atas neraca, income statement dan juga cashflow dari kondisi keuangan perusahaan,

HPP terdiri dari tiga unsur yang harus diperjelas oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan operasional perusahaan tersebut. Unsurnya adalah bahan baku, biaya tenaga kerja lansunbg dan juga biaya pabrik. Oleh karena itu, HPP adalah bagian dari income statment, posisinya.

 

 

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.