Harus Taktis

web taktisDalam satu wawancara yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi yang menghadirkan seorang tokoh sepak bola yaitu Coach Indra Sjafri, saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga yaitu tentang bagaimana seorang itu bisa menjadi juara dalam bidang sepak bola.
Rasanya, hal ini relevan dengan para entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka yang berhubungan dengan pertandingan juga dalam mengalahkan lawan mereka. Lawan yang jelas itu adalah pesaing setiap entrepreneur. Apa pesan dari coach Indra? Seorang calon juara di sepak bola tesebut harus memiliki taktik dalam bermain.
Hmmmmm,,,rasanya ini sangat relevan dengan manajemen stratejik yang selalu saya sampaikan dikelas entrepreneurship dimanapun berada. Taktis itu adalah turunan dari strategi atau implementasi strategi di lapangan yang seringkali disebut sebagai battle field.
Tentu ini juga mengingatkan saya kepada salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh para entrepreneur yaitu knowing how to compete dan harus dimiliki oleh entrepreneur. Strategi relevan dengan bagaiamana memiliki pilihan terbaik untuk memberikan value yang paling optimal bagi konsumen dan juga perusahaan.
Oleh karena itu, setiap entrepreneur harus bisa memahami proses dalam membuat strategi yang relevan dengan perubahan lingkungan internal dan juga lingkungan eksternal perusahaan. Ini kata kuncinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.