I Love Business # 11 Bersama Agustina Sang Restaurateur

Agustina di I Love Business 11

I Love Business # 11 Bersama Agustina Sang Restaurateur kali ini berlangsung penuh juga seperti biasanya. Agustina yang Lahir di Bandung, 21 juli 1974 ini sharing tentang pengalamannya di dunia usahanya yaitu Restaurant. Beliau adalah owner dari Fresh Fish Family Resto dan seorang  Restaurant Konsultant. Sebelum menjadi owner di Fresh Fish, Agustina menjabat sebagai Manager Mcd, Senior Manager Training Burndes, dan General Manager RBJ.

Berdasarkan pengalamannya, potensi bisnis kuliner di Indonesia sudah booming sejak 20 thn yang lalu, terutama di luar negeri. Singapore misalnya, kita tertinggal 15 tahun booming setelah Singapore. Kenapa bisnis kuliner termasuk salah satu bisnis penting yang harus dijadikan sebagai suatu usaha ?  Karena menurut teori Maslow, dengan kita berbisnis kuliner, itu semua sudah mencangkup : basic needs (pangan), social needs, self esteem, dan self actualization.  Pertumbuhan dunia kuliner banyak tumbuh di 3 kota besar di Indonesia yaitu yang tertinggi ada di Jakarta, kedua Jawa Barat, ketiga Bali dan Medan.

Dalam I Love Business 11 ini, Agustina sharing tentang 10 alasan penyebab restoran gagal dan 10 hal yang perlu di ketahui dalam bisnis kuliner.
10 alasan restoran gagal : Lokasi; Pemilik tidak proaktif; Hiring poor management; Tidak bayar pajak; Buruknya pelayanan terhadap pelanggan; Biaya gaji yang tinggi; Tidak ada iklan; Tidak faham mengenai biaya COGS; Terlalu banyak pengeluaran diawal buka.

10 hal yang perlu diketahui dlm bisnis kuliner : Pelanggan selalu benar; Fungsi dan tugas staff resto harus jelas; Restaurant perlu advertising; Restaurant management harus control cash flow; Banyak tipe promosi yang dapat diterapkan; Restoran catering salah satu usaha meningkatkan sales; Review harian sales Anda; Pos sistem akan banyak membantu management analisa; Menu harus selalu di update; Langkah kecil penghematan sangat berarti untuk cash flow.

Peserta yang datang pun full alhamdulillah, dengan menggunakan label nama disetiap orang. Label nama ini adalah masukan dari salah seorang peserta I Love Business yaitu Mas Gandhek. Kita terus memperbaiki, dan fokus pada pelayanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>