ILBGladiator#50 Bersama Andris “Nasi Liwet Instan 1001”

web ilb 50 DSC01291Program I Love Business yang ke 50 ini mendatangkan Kang Andris, owner Nasi Liwet 1001 yang diproduksi di Garut. Luar biasa, jauh-jauh beliau datang ke Bandung untuk berbagi kepada GIMBers yang sudah hadir di Bober Cafe, Jalan Sumatera Bandung. Ada semangat yang diditularkan kepada para GIMBers tentang berbisnis.

Kang Andris berbagi cerita bagaimana beliau memulai usaha nasi liwet instan 1001 ini yang merupakan usaha keluarga pada awalnya dengan menjual beras. Tetapi, beliau memiliki satu konsep dimana sebagai anak muda harus memberikan nilai tambah (value added) bagi beras yang dihasilkan oleh keluarga beliau. Inilah yang menjadi motivasi menghasilkan nasi liwet instan 1001 ini. banyak hal yang dibagikan oleh Kang Andri kepada GIMBers dan bahkan memberikan pengalaman baru dengan mencicipi nasi liwet yang dimasak secara langsung di tempat.
Konsep bisnis yang dimulai dari orang tua menjadi dasar beliau untuk mengembangkan bisnis yaitu berbisnis beras dengan merek 1001. Ada filosofi yang terkandung dalam brand tersebut yaitu dari 1000, ada satu yang paling baik. konsep inilah yang menjadi perhatian dari kang Andris dalam berbisnis nasi liwet instan 1001 ini.
Kenapa tidak diberikan value added dalam produk ini? karena beras itu adalah produk yang bersifat mendasar bagi konsumen. Jadilah nasi liwet instan. Potensi konsumen yang ingin praktis dan cepat dalam mendapatkan nasi, menjadi alasan kang Andris dalam membuat produk dan Alhamdulillah, sudah bisa diterima pasar.
Untuk promosi, beliau mengikuti lomba yaitu Anugerah Inovasi Jawa Barat (AIJB) dan tahun 2012, belaiu menjadi pemenang. Itulah kesempatan untuk berkenalan dengan pasar yang lebih luas dimana banyak kesempatan yang didapat dari hasil lomba dan salah satunya bantuan pemerintah dalam berpromosi. Bahkan sampai ke Malaysia dan inilah yang membuat orang mengenal nasi liwet instan 1001.
Saat ini, produk kang Andris sudah di ekspor keberbagai negara dan mendapatkan respon yang positif. Selama presentasi, kang Andris juga mendapatkan pertanyaan dari GIMBers dan beliau memberikan tanggapan dengan baik sehingga peserta puas.
Kang Meriza ikut dalam acara ini dengan memberikan analisis kepada para GIMBers yang bertanya tentang konsep dalam ILB tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.