Implementasi Dari Rencana

Rencana yang baik dan bagus adalah awal dari keberhasilan dalam manajemen, rencana tersebut akan menjadi acuan bagi setiap manajer. Rencana tersebut meliputi apa yang hendak dicapai dan ditarget kan oleh para manajer itu sendiri.

Akan tetapi, itu saja tidaklah cukup. Memang benar, rencana itu sudah setengah jalan, bagaimana setengah jalan dalam suatu manajemen.

Pengalaman Saya juga memperlihatkan hal tersebut. Dengan rencana yang tepat dan baik, mampu membuat manajer mencapai tujuan dengan baik. Sebaliknya, rencana yang tidak baik, membuat manajemen juga gagal. Indikatornya adalah tidak tercapai tujuan manajemen tersebut.

Satu hal paling penting dalam manajemen adalah implementasi atas rencana yang sudah dibuat. Implementasi berhubungan dengan pelaksanaan atau implementasi dari rencana. Kenapa demikian? Implementasi ini jelas sekali bagaimana kita menjalankan rencana tersebut.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam implementasi rencana dalam konsep manajemen. Beberapa hal yang penting adalah pertama, membuat program atas setipa rencana tersebut.

Rencana harus diterjemahkan dalam bentuk program. Inilah yang harus menjadi acuan eksekusi dari rencana tadi. Program lebih konkrit.

Kedua, program berhubungan dengan alokasi dana. Keberadaan dana ini penting bagi menjalankan program tersebut. Jangan berharap akan adanya program yang berjalan dengan baik.

Ketiga, adanya alokasi waktu sebagai dimensi yang tak tampak, tapi jelas berpengaruh terhadap implementasi rencana. Ini adalah sumberdaya penting bagi implementasi rencana. Manajer harus mengalokasikan waktunya untuk implementasi tersebut.

Keempat, adanya alokasi energi dalam menjalankan rencana. Energi berhubungan dengan internal manajer. Energi inilah yang menjadi bahan bakar dalam implementasi tersebut.

Kelima, adanya alokasi pemikiran. Kenapa demikian? Pemikiran ini penting bagi penyelesaian berbagai masalah dalam implementasi rencana. Pemikiran itu sangat penting.

Keenam, perlunya leadership yang kuat dalam implementasi. Leadership sangat penting untuk menggerakkan orang-orang yang menjalankan manajemen tersebut. Penting untuk dipahami, leadership jantungnya manajemen, buat Saya.

Ketujuh, perlunya konsistensi dari setiap manajer. Konsistensi untuk apa? Untuk terus menjalankan rencana tersebut.

Kedelapan, perlunya kreativitas seorang manajer dalam menjalankan rencana. Kreativitas berhubungan dengan kemampun mengembangkan ide-ide dalam menghadapi masalah bisnis. Kreativitas sangat penting.

Jadi, untuk menjalankan atau mengimplementasikan rencana, sangat dibutuhkan hal-hal diatas, saya yakin, teman-teman entrepreneur memahami hal ini….sukses buat kita semua.< By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.