Jadi.. kualitas produk kita sudah memenuhi harapan konsumen???

Pertanyaan ini harus dijawab secara jujur dan harus dilakukan melalui survey kepada konsumen agar mendapatkan jawaban yang jujur serta objektif. Tentu dampaknya adalah pada kualitas keputusan operasi yang akan dibuat nantinya juga akan efektif dan efisien.
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kualitas produk berhubungan dengan kemampuan produk kita memenuhi harapan konsumen dan harapan konsumen ini bisa jadi pengerauhi oleh “janji” perusahaan melalui pemasaran yang dijalankan.
Proses menghasilkan produk sangat menentukan kulitas produk. Proses tersebut harus dikawal oleh para entrepreneur ataupun profesional.
Lebih khas lagi adalah berhubungan dengan jasa karena jasa memiliki karakteristik intangible atau tak tampak, proses produksi sama dengan proses konsumsi dan tidak dapat disimpan. Oleh karena itu, kualitas jasa dapat dilihat melalui konsep TERRA atau tangible, empathy, responsiveness, reliable dan assurance.
Beda lagi dengan produk berupa barang, dimana orang akan melihat dari daya tahannya, kekuatannya, bahan bakunya dan lain-lain.
Proses operasi menghasilkan produk  ini harus dipahami dan dikawal dengan baik. Itulah seringkali kita mendengar konsep TQM, Six Sigma, Kaizen, ISO, Malcom Balridge dan lain-lain untuk memastikan proses bisnis berjalan untuk menghasilkan produk yang berkualitas.
Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/jadi-kualitas-produk-kita-sudah.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.