Jangan Terlalu Banyak Janji

Jangan terlalu banyak janji… karena janji itu adalah hutang yang wajib untuk dipenuhi dan bila tidak dipenuhi, maka orang akan tidak akan percaya lagi dengan kita. Pernyataan ini sangat sederhana akan tetapi sangat mendalam bagi seseorang yang sedang membangun personal branding dan bahkan personal marketing bagi diri mereka.
Kenapa ini sangat penting? Secara sekilas mungkin tidak terlalu berpengaruh kalimat diatas, akan tetapi bagi jangka panjang untuk seorang entrepreneur, sangat penting dan bersifat strategis bagi perusahaan pada umumnya dan diri pada khususnya.
janji itu sejalan dengan upaya seseorang yang membangun harapan kepada yang mendengarnya yang notabene adalah konsumen mereka. Harapan yang sudah dibentuk akan mempengaruhi persepsi mereka kepada kita dan nantinya akan ditagih oleh mereka.
Konsep dasar yang berhubungan dengan janji ini adalah kepuasan pelanggan yang relevan dengan membandingkan antara janji dengan kenyataan yang mereka terima sebagai hasil dari upaya yang kita lakukan kepada konsumen.
Apabila kenyataan atau dalam bahasa pemasaran performance lebih besar atau sama dengan janji yang diberikan kepada mereka, maka konsumen akan puas. Akan tetapi, bila performance lebih kecil daripada janji, maka mereka akan kecewa sekali dengan kita dan pemasaran kita akan terkesan gagal dimata mereka.
Jadi, jangan terlalu banyak janji…
Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/jangan-terlalu-banyak-janji.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.