Kapan dan Bagaimana Mengawali Bisnis.

Semalam, saya mendapatkan sms dari salah seorang karyawan perusahaan. Seorang karyawan yang menurut saya sangat memberikan inspirasi bagi para teman-teman mereka. Pertanyaan beliau sangat sederhana. Bagaimana memulai usaha dan kapan sebaiknya.

Hal ini membuat saya sangat terkejut mendapat sms tersebut. Saya tidak menduga begitu menyentuhnya materi yang saya berikan kepada mereka untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Salah satunya adalah berbisnis bagi keluarga beliau.

Saya senang sekali mendapat pertanyaan ini. Untuk menjawabnya, saya mencoba mendekatinya dari aspek psikologi seorang suami dan karyawan. Sebagai seorang suami, beliau harus menyadari bahwa mencari uang keluarga bukanlah tugas utama seorang istri. Akan tetapi, tugas seorang suami. Akan tetapi, tetap dalam membantu suami.

Adapun dari aspek istri, mulailah dari hal yang disenangi oleh istri tersebut. Bisnis yang dijalankan harus dari sesuatu yang beliau senangi dan bisa. Hal ini penting mengingat passion adalah awal untuk kesuksesan bisnis. Selanjutnya, harus belajar tentang bisnis dan manajemen, meskipun secara sederhana.

Selanjutnya adalah mulailah bisnis dari skala kecil. Artinya, dengan modal kecilpun dijalani bisnis tersebut. Jangan investasi dalam jumlah besar terlebih dahulu karena akan berdampak fatal bagi keluarga nantinya.

Terakhir, kerjasama dengan istri dalam menjalankan bisnis tersebut. Kerjasama menjadi sangat penting karena tidak mungkin istri bekerja sendiri.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>