Kecepatan (Speed) dan Bisnis

Dalam suatu perkuliahan beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga sehubungan dengan bisnis. Bisnis yang menjadi kegiatan utama para entrepreneur dimanapun berada. Apakah itu? masalah speed. Atau yang lebih dikenal dengan kecepatan.

Speed menjadi salah satu kata kunci dalam keberhasilan seorang entrepreneur saat ini. Kecepatan dalam menjalankan proses bisnis mereka, mulai dari aspek produk, sampai dengan layanan kepada konsumen. Speed ini dapat menjadi keunggulan bersaing bisnis kita dibanding pesaing.

Apa yang harus kita lakukan? tanya teman saya. Ada beberapa yang harus kita perhatikan. Pertama, pahami need, want dan demand konsumen kita. Inilah awal fikiran kita dalam bisnis. Tetap tujuan akhir adalah memuaskan konsumen. Kedua, pahami proses bisnis kita. Proses bisnis tersebut harus dipahami dari awal sampai akhir.

Ketiga, hitung kekuatan dan kelemahan kita dalam proses bisnis tersebut. Apa itu? berhubungan dengan sumberdaya yang kita miliki. Man, money, machine, methode, material, market, minute dan informasi. Kelima, harus juga menempatkan sumber daya manusia yang siap untuk memberikan speed dalam proses bisnis tersebut.

Kelima, buatlah prosedur dalam bisnis kita. Kecepatan bukan berarti harus “acak-acakan”, bukan. Tetapi, tetap mengacu pada prosedur. Keenam, lakukan perbaikan terus menerus atas proses bisnis tersebut. Tentu ingat learning curve yang selalu saya sharing kepada teman-teman.

Ketujuh, lakukan evaluasi dan langsung diperbaiki apa yang kurang atas proses bisnis kita tersebut. Evaluasi adalah kegiatan yang sangat penting dalam proses bisnis ini. Itulah yang harus dilakukan untuk menerapkan speed untuk mencapai keunggulan bersaing dalam bisnis kita. Sukses buat kita semua.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.