Kelas GES Batch 10 Tentang Operation Management

web operation managementJadwal GIMB Entrepreneur School batch ke 10 yang memiliki jadwal pukul 08.—11.00 WIB dengan materi operation management. Kuliah hari ini disampaikan oleh kang Meriza yang memang sudah dijadwalkan oleh manajemen GIMB Entrepreneur School.

            Siswa GES batch 10 ini agak terlambat karena hujan dipagi hari yang sudah berlangsung sejak sejak jam 7 pagi an. Mereka terhalang datang ke kelas, akan tetapi kelas berlangsung sesuai dengan yang sudah dijadwalkan. Ada kang Jadid, Mba Sri dan juga Mba Yanti yang hadir dalam kelas operation management ini.
            Penjelasan seperti biasa diawali dengan menanyakan bagaimana perkembangan bisnis setiap entrepreneur karena perlu diketahui bagaimana progress dan juga kendala-kendala yang dihadapi selama seminggu ini. Jawaban-jawaban dari setiap siswa menjadi bahasan materi yang diberikan di kelas dan juga dihubungkan dengan teori yang relevan dengan operation management.
            Materi lainnya berhubungan dengan bagaimana memahami proses bisnis dalam setiap perusahaan. Setiap siswa dibuatkan model tentang proses bisnis yang disingkat dengan SIPOC yaitu supplier, input, process, output dan  juga consumer yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur. SIPOC ini menjadi dasar untuk menganalisis untuk melihat bagaimana biaya yang melekat dalam setiap aktivitas dan kegiatan mana yang bisa diperbaiki.
            Selanjutnya, setiap entrepreneur diajar kan untuk membuat standar operation procedure atau SOP yang memang dijadikan sebagai dasar untuk melihat bagiamana bisnis entrepreneur saat ini dan yang akan datang. SOP ini penting bagi entrepreneur agar bisa menjalankan sistem dalam perusahaan mereka. Management system akan membuat bisnis entrepreneur bisa terus tumbuh dan berkembang.

          Pada akhirnya, diberikan sesi tanya jawab  bersama kang Meriza dengan siswa dan membuat mereka untuk lebih memahami materi yang sudah diberikan. Konteks dalam proses bisnis dengan bisnis mereka penting untuk diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>