KELAS GES: ENTREPENEUR JADI AHLI STRATEGI

ges1
Inilah yang menjadi bahasan dalam kelas GIMB Entrepeneur School atau GES yang saya ajar tadi pagi. Kelas  yang memang fokus pada materi-materi akhir yang harus diberikan kepada para entrepreneur yang bermaksud untuk menjadi entrepreneur berbasis pengetahuan atau knowledge based young entrepreneur. sebenarnya, materi Ini juga sudah mereka terima minggu lalu, akan tetapi masih membahas yang bersifat umum.
Hari ini, difokuskan kepada berbagai aspek yang sangat spesifik yang harus dikuasai oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan program manajemen sumber daya manusia atau yang lebih dikenal dengan HR Management.  Minggu lalu membahas tentang bagaimana entrepreneur perlu membahas point-point penting yang berhubungan dengan bagaimana entrepreneur harus benar-benar mengerti hakekat manajemen sumber daya manusia.

Adapun tadi pagi, membahas beberapa hal yang berhubungan dengan bagiamana entrepreneur bisa menyesuaikan dengan struktur organisasi yang ada dalam perusahaan mereka masing-masing. Struktur organisasi yang menjadi dasar untuk mencapai apa yang sudah ditetapkan sebagai sebuah tujuan dan harus dicapai dengan kinerja bisnis. Dari struktur organisasi yang tepat, akan mempermudah entrepreneur dalam menentukan job description, job specification dan rantai komando bagi setiap entrepreneur dengan karyawan mereka.
Pembahasan yang penting ketika Kang Gartiwa, Evi, Rini, Tya  dan Neng menampilkan struktur organisasi yang dimiliki oleh perusahaan mereka. struktur organisasi yang dalam konsep saya sangat mentah karena kurang memperhatikan beberapa aspek penting bagi entrepreneur dan organisasi dalam mencapai tujuan perusahaan. Fungsi-fungsi manajemen tidak diperhatikan dalam perusahaan sehingga berdampak kepada bagaimana entrepreneur tidak bisa menggerakkan semua aktivitas bisnis dengan baik.
Perbaikan dilakukan untuk setiap struktur organisasi yang ada sehingga terlihat bagiamana mereka bisa mendalami bagaimana dengan struktur organisasi ini seluruh kegiatan manajemen sumber day amanusia bisa berjalan dengan baik. Bahkan efektifitas dan efisiensi bisa dicapai oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Sudah saatnya entrepreneur memulai pengeloaan sumber daya manusia dengan memperhatikan struktur organisasi mereka dengan baik.
Inilah yang menjadi bahasan utama dalam kelas GIMB Entrepeneur school tadi pagi yang Alhamdulillah, mampu memberikan value dan pengetahuan baru bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka. sudah saatnyalah mereka melakukan perubahan mendasar dalam setiap bisnis untuk mecapai tujuan.
Komitmen setiap entrepreneur sangat dibutuhkan untuk bisa membuat desain struktur organisasi dengan dasar struktur organisasi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing dalam bisnis.
ENTREPENEURSHIP
Rasanya, pembukaan kelas GIMB Entrepeneur School pukul 11 siang tadi sungguh sangat memberikan pengalaman yang jauh berbeda dengan sebelumnya. Pengalaman yang berhubungan dengan bagiamana setiap entrepreneur datang ke kelas saya dan mengharapkan materi yang sangat relevan dengan kebutuhan mereka untuk mengembangkan bisnis untuk saat ini dan yang akan datang karena begitu tingginya tingkat persaingan dengan pebisnis lainnya.
Materi yang diberikan berhubungan dengan membuka mindset setiap entrepreneur untuk sukses dalam bisnis sehingga mereka memiliki sikap mental yang kuat untuk sukses. Sikap mental yang pastinya sangat diperlukan untuk membangun bisnis. Konsep yang berhubungan dengan entrepeneruship, bisnis dan lingkungan bisnis erta manajemen yang pastinya sangat dibutuhkan entrepreneur untuk mendapatkan kesuksesan.
KELAS GES PUKUL 14.00 WIB
Kelas terakhir yang mendapatkan sharing dari kang Meriza adalah belajar tentang strategic management yang dibutuhkan oleh setiap entrepreneur untuk mengembangkan bisnis mereka. strategic management yang kemaren juga sudah diberikan oleh Kang Meriza. Konsep manajemen stratejik juga sudah diberikan sehingga persepsi mereka tentang strategic management menjadi kuat sebagai dasar menjadi ahli strategi dalam bisnis mereka.
Alhamdulillah, semuanya sudah dimulai dan dapat memberikan pandangan baru untuk setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka masing-masing.
Inilah aktivitas seharian yang dilakukan oleh kang Meriza dalam memberikan pembelajaran kepada setiap siswa GES untuk menjadikan mereka sebagai seorang entrepreneur muda sukses berbasis pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>