Kembangkan Koperasi di Tingkat Anak Muda

web koprasi RISebagai salah satu badan hukum yang menggerakkan ekonomi Indonesia, Koperasi harus mendapatkan perhatian yang selama ini terlihat bahwa koperasi belum memainkan peranan strategis dalam pembangunan ekonomi negarai ini. Koperasi seolah-olah tersingkirkan oleh gerakan ekonomi oleh perusahaan, baik swasta nasional, BUMN, maupun swasta luar negeri. Koperasi jauh tertinggal dari pelaku ekonomi lainnya,

Hal ini perlu menjadi renungan kita semua. Jangan sampai ekonomi negara ini digerkkan oleh pengusaha yang membuat yang kaya menjadi semakin kaya dan miskin menjadi semakin miskin yang disebabkan oleh kurang berjalannya roda pelaku usaha yaitu koperasi. Seharusnya, koperasi bisa memainkan peran yang lebih baik dan strategis untuk keberlangsungan usaha entrepreneur dalam skala kecil dan juga ekonomi Indonesia dalam sekala besar.

Oleh karena itu, perlu mengembangkan koperasi ditingkat anak mudayang akan menjadi pelaku ekonomi di negara ini nantinya. Anak muda harus dilibatkan dalam pengembangan koperasi yang benar-benar  sesuai dengan prinsip dan aturan yang ada di koperasi itu sendiri. memang ada perbedaan yang signifikan dalam koperasi dengan badan usaha lainnya, akan tetapi, manfaat nyata dan lebih besar bisa didapatkan dari koperasi ini. inilah yang harus dijaga dan dikembangkan oleh pihak-pihak yang peduli dengan koperasi.

Pengembangan koperasi ini dapat dimulai dari koperasi sekolah yang selama ini sudah berjalan dengan arahan dan pembinaan dari pihak sekolah. Masih teringat waktu masih duduk dibangu SMA dulu, tahun 1992 – 1994, koperasi sekolah sudah aktif dan memberikan pelajaran yang berharga bagi siswa waktu itu. Meskipun bukan pengurus, akan tetapi sudah mendapatkan pengetahuan dan pembleajaran dari koperasi sebagai salah satu pelaku ekonomi negara ini.

Koperasi ditingkat mahasiswa juga bisa dioptimalkan untuk mengembangan dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas koperasi itu sendiri. Akan tetapi, mereka membutuhkan arahan dan pembinaan dari lembaga terkait, khususnya kementrian Koperasi dan UMKM dimana regulasi dan bantuan ada disini. Khususnya pada peningkatkan kapabilitas dari pengurus dan anggotanya. Koperasi bisa berkembang. Oleh karena itu, marilah memberikan perhatian lebih kepada anak muda untuk mengembangkan koperasi agar bisa memberikan kontribusi jangka panjang bagi negeri ini pada umumnya dan anak muda selaku pelaku bisnis pada khususnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.