Kenapa Bisnis Saya Lambat Tumbuhnya????

Dalam satu waktu, Saya di tanya oleh Bapak Arief, seorang pengusaha dari Cimahi. Kurang lebih pertanyaannya seperti ini. Bapak Meriza yang terhormat, Saya sudah sering melihat web GIMB Foundation dan membaca tulisan Bapak tentang bisnis dan manajemen yang selalu update setiap hari. Sungguh menyenangkan Pak dan terima kasih atas tulisan-tulisan Bapak tersebut. Sangat menginspirasi buat Saya dan bisa Saya jalankan dalam bisnis Saya.

Melalui forum ini, Saya bermaksud menanyakan, kenapa bisnis Saya ini berjalan begitu lambat dan terkesan jalan ditempat? Padahal Saya sudah berupaya sekuat tenaga membuat bisnis ini terus berkembang, akan tetapi, tidak bisa juga berkembang sesuai harapan Saya. mohon saran dari Bapak.

Hormat Saya,
Arief, Pengusaha Kuliner di Cimahi

Bapak arief yang terhormat, terima kasih atas komentar yang Bapak sampaikan kepada kami. Memang web kami, www.gimbfoundation.org, kami jadikan sebagai media untuk pembelajaran bagi para entrepreneur dalam mengembangkan bisnis mereka.

Kembali ke pertanyaan Bapak. Memang tidak hanya Bapak saja yang menanyakan akan hal ini. Seringkali Saya mendapatkan pertanyaan seperti yang Bapak ajukan tadi. Kenapa bisnis Saya tidak tumbuh dan berkembang seperti yang diharapkan.

Perlu kita pahami bahwa pertanyaan bapak ini adalah awal yang sangat baik dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. kenapa? dengan bertanya, artinya kita sedang memikirkan bisnis kita tersebut. Nantinya, tentu akan diambil langkah perbaikan kedepannya.

Bisnis harus disadari berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah. Lingkungan itu internal kita sendiri dan juga eksternal seperti konsumen, pesaing, distributor, supplier dan juga politik, ekonomi, sosial budaya dan teknologi. Perubahan lingkungan bisnis ini membuat kita harus memiliki knowledge, skill dan attitude yang tepat dalam menjalankan bisnis.

Bagi kami di GIMB Foundation, memaknai hal ini dengan konsep bagaimana seorang entrepreneur tersebut memiliki pengetahuan bisnis dan manajemen yang baik dalam menjalankan bisnis tersebut. Perubahan lingkungan tersebut harus dipahami sebagai seuatu yang pasti dan tidak bisa dihindarkan.

Oleh karena itu, pengetahuan bisnis dan manajemen menjadi mutlak agar bisnis terus bisa kita jalankan untuk mencapai tujuan yaitu profit, selain kesejahteraan sosial (people), lingkungan alam (planet) dan sustainability (keberlanjutan) atas bisnis tersebut. Jadi, Buat Bapak Arief, pengetahuan bisnis dan manajemen adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh Bapak untuk membuat bisnis Bapak itu tumbuh dan berkembang.

Artinya adalah, teruslah menjadi seorang pembejalar Pak Arief. Pembelajar untuk mendapatkan pengetahuan bisnis dan manajemen melalui bacaan tentang bisnis dan manajemen, termasuk web kami, mendapatkan seorang coach, diskusi dan lain-lain. Pelajaran tersebut dapat diterapkan dalam bisnis Bapak… Sukses terus bisnis Bapak….

 

 

 

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.