Kendalikan biaya… biaya dan biaya

Bahasan tentang biaya menjadi perhatian utama seorang entrepreneur kembali seiring dengan perubahan lingkungan bisnis yang salah satunya biaya bahan baku, ongkos logistik yang terdiri dari transportasi, pergudangan, kenaikan biaya listrik, dan lain-lain menjadi faktor yang mempengaruhi biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan.
Kemaren saya diketawain oleh teman yang bilang, kok kamu harus berhitung semua? Pelit banget sih? Sampai detail dihitung…..
Mendengar pernyataan ini saya sempat terdiam juga karena jangan sampai saya dianggap pelit dalam kehidupan ini. satu prinsip yang selalu saya pegang adalah memisahkan uang dapur dengan uang bisnis.
Dalam konteks silaturahmi dengna teman, saya tidak kana berhitung karena itu uang dapur atau uang pribadi. Akan tetapi, dalam konteks uang perusahaan, saya tetap akan selalu berhitung agar biaya perusahaan tidak terus membengkak ditengah berubahnya lingkungan perusahaan yang juga berdampak kepada biaya perusahaan.
Pengendalian biaya ini diawali dengan perubahan mindset terlebih dahulu agar benar-benar menyadari bahwa biaya tersebut harus dikendalikan karena kalau tidak, akan mengerus laba perusahaan.

by : Meriza Hendri

sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/kendalikan-biaya-biaya-dan-biaya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.