Komunikasi Non Verbal Bagi Entrepreneur

web komunikasi nonA great relationship can take years to build, but moments to destroy – if you don’t communicate with people sensitively itulah salah satu kalimat dalam jurnal yang berjudul protect your relationship.

Inilah yang rasanya perlu diperhatikan oleh para entrepreneur karena komunikasi merupakan aspek yang sangat penting dalam membangun dan memperhatikan hubungan dengan stakehokders untuk menumbuh kembangkan bisnis mereka. Komunikasi menjadi tool yang bersifat stratejik, baik relations internal maupun eksternal perusahaan.

Dalam setiap pelatihan dan pendidikan di GIMB maupun di perusahaan besar, masalah yang selalu dihadapi adalah keterampilan komunikasi yang dimiliki oleh entrepreneur dan karyawan mereka.

Jelas komunikasi tersebut merupakan pertukaran ide, fakta, pemikiran dan lain-lain dari sender ke receiver secara efektif dan efisien. Namun, hal ini kurang terjadi karena knowledge, skill dan attitude dalam komunikasi yang belum optimal.

Komunikasi terdiri dari verbal dan non verbal. Verbal menggunakan kata-kata, huruf, simbol. Adapun non verbal, menggunakan bahasa tubuh, intonasi, penampilan. Penelitian menunjukkan komunikasi verbal hanya berpengaruh 7% sementara sisanya komunikasi non verbal.

Inilah hubungannya dengan bagaimana perlunya sensitivitas dalam komunikasi agar bisa membangun hubungan baik dengan stakeholders. Entrepreneur perlu mendalami komunikasi ini, khususnya komunikasi non verbal dengan stakeholders. sukses buat kita hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.