KONSISTEN PENGELOLAAN KEUANGAN BISNIS BINAAN

NEW GIMB ENTREPRENEUR SCHOOL Logo Polos
Salah satu pelajaran yang paling berat dipahami oleh para entreprneuer di bawah GIMB foundation adalah ketika mengajarkan manajemen keuangan dan akuntansi. Materi ini sangat berat karena rata-rata entrepreneur memiliki keterbatasan dalam pengetahuan, keterampilan serta sikap terhadap pengelolaan keuangan perusahaan. Hal ini bisa dimengerti ketika dianalisis banyak factor yang mempengaruhi mereka dalam menjalankan bisnis.
Salah satu nya adalah latar belakang pendidikan para entrepreneur yaitu bukan dari manajemen, khususnya manajemen keuangan.  Ketika entrepreneur dihadapkan pada pilihan untuk menjadi seorang entrepreneur, seringkali mereka terjebak dengan bagaimana bisnis tersebut bisa dijalankan dengan baik akan tetapi, karena keterbatasan dalam pengetahuan, keterampilan dan pengalaman, membuat entrepreneur tidak memahami dengan baik tentang keuangan, sementara, keuangan adalah aspek penting dalam bisnis.

 

Factor lainnya adalah mindset entrepreneur terhadap manajemen keuangan yang seringkali disalah artikan. Keuangan itu adalah pekerjaan nomor dua bagi entrepreneur karena bisa didelegasikan kepada orang orang lain. Jangan terjebak dengan keuangan yang hanya focus kepada bagaimana pekerjaan teknis dan tidak berdampak langsung kepada para entrepreneur dala mengembangkan bisnis tersebut.
Lebih parah lagi, entrepreneur mendapatkan motivasi dari berbagai pihak yang jarang sekali membahas tentang manajemen keuangan dan lebih focus kepada pemasaran dari bisnis mereka. saya jarang sekali menemui motivator yang focus pada keuangan perusahaan atau keuangan para entrepreneur. Yang digambarkan hanya terjadinya transaksi dan kenikmatan menjadi seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnis.
Tentu hal ini tidak bisa ditolak, artinya, kondisi yang sudah mengakar dalam diri para entrepreneur. Tinggal bagaimana entrepreneur bisa merubah mindset dan pengetahuan mereka sehingga memilii kapabilitas dlaam pengelolaan keuangan. Hal ini harus disadarkan dan ini dilakukan di GIMB Foundation dengan konteks GIMB Entrepreneur School dimana siswa dan binaan wajib memiliki mindset yang benar dalam pengelolaan keuangan perusahaan.
Pendidikan kepada para entrperneeur dimulai dari bagaimana mereka memisahkan keuangan pribadi dengan usaha usaha sehingga jelas terlihat mana uang perusahaan dan uang pribadi mereka. hal ini bertujuan untuk membangun kesepahaman dengan para entrepreneur bahwa mereka itu seolah-olah bekerja untuk perusahaan dimana mereka menjalankan bisnis tersebut.

 

Hal ini selalu saya lakukan kepada para entrepreneur agar mereka bisa memahami bahwa keuangan itu adalah control yang paling utama bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis dan pastinya akan berdampak kepada bisnis mereka saat ini dan yang akan datang. Harapannya adalah bagaimana entrepreneur memiliki pemahaman yang sama akan hal ini.
Tulisan ada di www.gimbfoundation,org

Posted by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>