Konsistensi Entrepreneur Menjalankan Peran Manajerial

web peran manajerialTadi malam, adalah acara rutin mengisi talkshow entrepreneurship di Radio Zora Bandung dan mendatangkan entrepreneur suskes dalam bisnis mereka. Senang sekali setiap acara talkshow karena bisa berbagai pengetahuan dan pengalaman kepada para pendengar dan diharapkan dapat memberikan inspirasi selain pengetahuan dan pengalaman bisnis tadi. Jelas, inspirasi dari para entrepreneur sukses dan sisi lainnya dari akademisi yang mengulas setiap bahasan yang disampaikan.

            Ada satu pelajaran yang luar biasa dari Sissi yang menjadi bintang tamu semalam. Pelajaran yang harus diterapkan oleh setiap entrepreneur agar bisa berhasil juga dalam bisnis mereka. rasanya, inilah yang seringkali membuat entrepreneur gagal dalam menumbuh kembangkan bisnis mereka. apa itu? Konsistensi dalam setiap aktivitas yang mereka jalankan dalam bisnis tersebut, khususnya konsistensi dalam menjalankan peran yang ada dalam diri mereka yaitu manajerial.

            Sissi bercerita bagaimana beliau membangun bisnis Ratu Basreng yaitu sejenis kuliner yang berupa kripik akan tetapi dari baso yang digoreng. Bisnis ini pada awalnya adalah bisnis kecil-kecilan dan bersifat home industry. Akan tetapi, sissi tidak mau hanya bisnis skala rumahan saja dan harus berubah dengan pengembangan pada aspek kapasitas dan kualitas bisnis. Satu hal yang paling beliau terapkan adalah manajemen.

            Aspek manajemen menjadi kunci keberhasilan beliau dalam bisnis. Peranan manajemen dalam bisnis yang sudah dibahas kemaren yaitu figurehead, leadership serta liason adalah beberapa peranan yang harus dijalankan. Ketiga peranan tersebut menjadi perhatian seorang sissi dalam bisnis. Luar biasa sampai saat ini beliau sudah membangun bisnis basreng menjadi besar dan bahkan sudah dikirim ke kota-kota yang ada di Indonesia.

            Apa kunci yang dipegang oleh sissi dalam menjalankan peran manajerial tersebut? Inilah yang ditanyakan oleh penyiar tadi malam. Jawabannya sangat sederhana yaitu konsistensi dalam menjalankan peranan manajerial untuk bisnis beliau. Konsistensi yang terlihat sejak bisnis itu dimulai dan bahkan terus dikembangkan. Tidak ada alasan untuk berhenti sejenak menjalankan peranan tersebut.

            Bagi setiap entrepreneur yang ingin menjadi juara dalam bisnis mereka, konsistensi adalah key success factor dalam menjalankan peranan manajerial. Seorang entrepreneur adalah leader dan harus tetap menjadi leader dalam bisnis mereka. Leadership yang kuat sangat dibutuhkan agar bisnis terus berjalan dan kalaupun ada masalah, tetap bisa diseleaikan dengan baik. kegagalan entrepreneur seringkali disebabkan oleh leadership yang tidak muncul dalam bisnis mereka. Sissi selalu menjaga kualitas leadership beliau di Ratu Basreng.

            Demikian juga pada peranan Figurehead. Beliau yang menjadi ikon Ratu Basreng karena membang beliaulah yang menjadi owner usaha ini. Ikon ini penting karena setiap bisnis itu ada pendirinya dan tidak bisa dilepaskan dari diri owner. Sissi sangat menjaga peran beliau sebagai figurehead yang terlihat pada status yang beliau bawa kemana-mana sebagai ikon di bisnis tersebut.

            Peranan Liason juga terus beliau jalankan. Peranan ini penting untuk disimak karena beliau menjadi penghubung antara stakeholder perusahaan dengan internal perusahaan beliau. Apalagi saat ini perusahaan masih berskala mikro sehingga diperlukan penghubung antara internal dan eksternal perusahaan.

            Inilah yang dapat diambil pelajaran bahwa entrepreneur harus menjaga konsistensi dalam menjalankan peranan manajerial diri beliau. Salam juara…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.