Kreatif dalam Organisasi

Kreatif dibutuhkan untuk segala aspek dalam perusahaan, mulai dari produk dan kemaren sudah dibahas tentang kreatif melihat pasar. bagaimana rasanya sekarang? apakah penting untuk menggunakan kreativitas terhadap kedua aspek diatas? Tentulah penting karena perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat dan tingka persaingan yang sudah sangat tinggi. Apakah dampaknya bagi perusahaan? Apalagi bagi seorang entrepreneur?
Sudah dapat dipastikan bahwa bahwa entrepreneur tersebut akan kalah dalam persaingan dan maksimalnya adalah mereka akan tutup usahanya. wah.. jangan sampai ya… Bisnis yang sudah dirintis dengan usaha yang tidak sedikit, harus berhenti ditengah jalan. Jangan sampai seperti hasil penelitian di Amerika Serikat yang menyatakan dari 1.000.000 entrepreneur baru, pada tahun pertama sudah hilang 40%, pada tahun kelima sudah hilang 80% dan pada tahun kesepuluh, yang bisa merayakan ulang tahun ke sepuluh hanya tinggal 4%. Waduh… jangan sampai begitu ya…
Jadi, apa yang harus dilakukan? ya tadi… kreativitas dalam mejalankan usaha dan inilah keunggulan dari seorang entrepreneur. Sekarang, kita bahas tentang kreativitas dalam mengelola organisasi. Kenapa penting? kembali lagi kepada konsep bisnis dalam artian create money dan dihitung dari aspek profit yaitu selisih dari total revenue dengan total cost. Ingat kan? Pastilah..
Organisasi akan mempengaruhi kinerja perusahaan dalam konteks cost. Biaya akan melekat pada struktur organisasi. Sebagai perusahaan baru atau bahkan skala mikro dan kecil, maka kreativitas dalam melihat struktur organisasi sangatlah penting. Jangan membuat struktur organisasi yang njelimet dulu karena akan mempengaruhi pemahaman dan efektifitas serta efisiensi dari perusahaan.
Pada awalnya, lebih baik organisasi perusahaan sederhana saja dulu sehingga akan mampu memberikan efektifitas dan efisiensi yang tinggi bagi perusahaan. Selain itu, setiap orang bisa mengerjakan pekerjaan secara optimal dan tidak saling menunggu.
Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/kreatif-dalam-organisasi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.