Kreativiats dan Inovasi Adalah Harga Mati Bagi Entrepreneur

web innovation index“Bisnis itu selalu menghadapi masalah” inilah kesimpulan yang saya dapatkan dalam menganalisis bisnis yang dilakukan oleh para entrepreneur dan juga yang saya hadapi dalam menjalankan bisnis. Hal ini sudah menjadi hukum alam yang tidak bisa dipungkiri dimana setiap entrepreneur akan menghadapi hal yang sama. Kenapa demikian? Kalau begitu, nggak usah saja menjadi entrepreneur, jadi karyawan saja kalau begitu.

Tidak seperti itu juga kalee…….kata teman saya. benar juga, bisnis itu penuh dengan masalah. Kenapa? Karena bisnis itu berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan juga mengalami turbulensi sehingga berdampak kepada bisnis mereka yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Inilah yang saya maksud bahwa bisnis itu penuh masalah.

Bisa jadi masalah di keuangan (kurang dana, piutang yang luar biasa, utang yang banyak, dll), pemasaran (konsumen tidak puas, brand equity yang rendah, dll), operasi (banyak defect, bahan baku kurang, dll) dan sumber daya manusia (karyawan tidak loyal, karyawan cheating, dll). Inilah masalah yang dihadapi oleh entrepreneur dan dampak dari perubahan lingkunga. Tetapi, jelas, konsep high risk, high return, dimana bisnis itu memiliki potensi profit yang luar biasa meski banyak masalah.

Oleh karena itu, entrepreneur harus kreatif dan inovatif dalam bisnis mereka. Inilah yang akan dibahas nanti malam dalam program Nubiz, yang muda yang berbisnis bersama Pak Wiwied C59 di Bandung TV, pukul 20.00 – 21.00 WIB atau live streaming di www.gimbers.com. Mohon di tonton ya…….Bisa kasi komentar ke 7214213, twitter ke @nubizbtv….sukses buat kita hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.