Kualitas Produk Dan Kesuksesan Entrepeneur

GIMBProduk yang berkualitas bisa memasarkan dirinya sendiri, inilah yang menjadi kata kunci yang saya sampaikan di kelas GIMB Entrepeneur School malam kemaren. Bahasan ini sangat relevan dengan manajemen operasi dalam suatu perusahaan.
 .
Kenapa perlu memperhatikan kualitas produk bagi suatu perusahaan? bicara tentang kualitas, tentu banyak orang sudah tidak asing lagi dengan konsep ini. Kualitas yang seringkali menjadi rujukan bagi keberhasilan produk dipasar.
 .
Secara konsep, kualitas itu adalah adanya kesesuaian antara harapan dan kinerja suatu produk menurut konsumen. Dari konsep ini, kata kunci kualitas tersebut adalah konsumen. Harapan konsumen inilah yang harus diperhatikan ketika kita bicara kualitas.
 .
Menurut parasuraman, konsep kualitas dalam jasa itu dapat dimodelkan dengan konsep TERRA. Kenapa demikian? Karena jasa itu tidak dapat dilihat (intangibile), tidak bisa dirasa, tidak bisa disimpan dan proses produksi dan konsumsinya bersamaan. Ini perlu menjadi perhatian setiap entrepeneur.
 .
Adapun singkatan TERRA tersebut adalah tangible, empathy, responsiveness, reliability dan assurance. Kelima model ini berupaya menjawab karakteristik jasa dan tuntutan atau harapan konsumen.
 .
Bagaimana dengan barang? Barang juga memiliki standar kualitas yang jelas berbeda dengan jasa. Tentu, barang tersebut dapat dilihat, dapat diraba, dapat disimpan dan proses produksi berbeda dengan konsumsi. Oleh karena itu, barang itu seringkali diharapkan daya tahan, estetika, ukuran, desain, fitur dan lain-lain.
 .

Inilah yang perlu menjadi perhatian dari seluruh entrepreneur agar berhasil dari bisnis itu sendiri. itu dulu ya… mau mandi dulu nih.. siap-siap kekantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>