Kuasai Manajemen Operasi

Tema manajemen operasi mengemuka kembali seiring dengan pendalaman tentang konsep bisnis itu sendiri. pelajaran yang saya dapatkan dari sharing dengan berbagai kalangan bisnis, didapatkan bahwa benar adanya bahwa manajemen operasi dari bisnis itu adalah kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan bisnis itu sendiri.

Bila saya perhatikan, ada beberapa point yang menjadi pertimbangan, pertama, kompentensi pertama dari entrepreneur adalah knowing your business. Ini adalah argumentasi penting untuk setiap entrepreneur.

Knowing your business tersebut relevan dengan bagaimana kita memahami setiap aktivitas dalam bisnis kita tersebut. aktivitas dari supplier, produksi, distributor dan juga konsumen. Kepentingan kita adalah bagaimana setiap aktivitas tersebut dioptimasi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Selaiin itu, kita juga harus memahami lingkungan bisnis dimana kita berada. Lingkungan bisnis ini akan menentukan warna dari bisnis yang kita jalankan. Pengaruhnya bisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman itu sendiri yang harus menjadi perhatian bagi mereka.

Kedua, dalam konteks bisnis, ada teori bisnis yang menyatakan bahwa total profit didapatkan dari selisish total revenue dengan total cost atau total biaya. Apa makna dari rumus ini?

Jelas sekali bagiamana kita sebagai entrepreneur harus bisa mengontrol yang namanya biaya dan biaya ini relevan dengan manajemen operasi dari setiap proses bisnis kita sendiri. tidak bisa dielakkan kalau hal ini tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Harusnya, setiap biaya dari manajemen operasi menjadi perhatian utama.

Oleh karena itu, jelas terlihat bagaimana manajemen operasi menjadi kunci keberhasilan dari setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka. keberhasilan ini menentukan bagiamana bisnis itu nantinya dimasa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>