Laporan Keuangan

 

Menjelang akhir tahun ini, salah satu tugas seorang entrepreneur adalah membuat laporan keuangan atas kegiatan dan operasi bisnis yang sudah berjalan selama satu tahun ini, selama tahun 2012, dari 1 januari sampai 31 Desember 2012.
Kegiatan ini sangat penting dalam konteks menilai kinerja keuangan perusahaan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di negara ini.
Terdapat beberapa laporan keuangan yang dapat diketahui dari neraca atau balances sheet yang memperlihatkan aset dan liability atau hutang dan equity atau modal perusahaan. Hal ini sangat penting dalam melihat keseimbangan aset, utang dan modal kita diakhir tahun.
Laporan kedua adalah income statement yang merupakan laporan laba rugi perusahaan selama satu tahun ini agar jelas berapa revenue atau penjualan dan biaya – biaya yang melekat pada operasional perusahaan kita ini.
Laporan ketiga adalah cash flow atau arus kas yang membahas jumlah kas perusahaan yang masuk dan kas perusahaan yang keluar.
Itulah tiga laporan keuangan yang utama dalam perusahaan. Akan tetapi, yang paling penting adalah bagaimana melihat rasio laporankeuangan dan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya sebagai dasar dalam pengambilan keputusan manajemen perusahaan.
Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/laporan-keuangan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.