Layanan Kepada Konsumen

web-layanan konsumenKonsumen itu adalah aset yang paling utama bagi setiap perusahaan. apalagi ditengah tingginya persaingan antara perusahaan yang ada saat ini. perlu dipahami bahwa tingkat persaingan semakin tinggi dan membuat setiap perusahaan untuk aware dengan apa yang sedang terjadi dalam perusahaan.
Sebagai seorang entrepreneur, melayani konsumen adalah tugas utama agar bisnis bisa terus tumbuh dan berkembang serta mendapatkan profit bagi perusahaan yang memang tujuannya untuk mendapatkan profit.
Berbicara tentang layanan kepada konsumen, inilah yang akan menjadi sumber daya saing setiap perusahaan saat ini. daya saing adalah menjadi darah segar untuk tetap bertahan dan tetap menang dibandingkan dengan perusahaan lainnya.
Layanan adalah kegiatan manajemen ataupun perusahaan dalam mengantarkan produk atau jasa itu sendiri kepada konsumen yang saat ini, sudah menjadi penting. Banyak perusahan melihat bahwa manajemen tidak perlu melihat apakah itu sebagai perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa, akan tetapi, mereka harus terus dianggap sebagai jasa sehingga kualitas layanan pun berbeda.
Akan tetapi, tetap, kualitas barang itu sendiri sudah menjadi sesuatu yang harus ditampilkan. Bicara tentang kualitas barang, tentu harus mengikuti standar yang ada dengan tetap mengutamakan apa yang dibutuhkan (need), keinginan (want) dan permintaan (demand) para konsumen.
Layanan konsumen harus dilihat dalam konteks kualitas layanan yang berhubungan dengan tangible, empathy, responsiveness, reliatbility serta assurance yang benar-benar dijaga dan dimantain oleh manajemen perusahaan.
Layanan itu sifatnya tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, tidak dapat disimpan dan proses produksi dan proses konsumsinya pada waktu bersamaan. Oleh karena itu, setiap entrepreneur benar-benar dituntut untuk bisa memperhatikan kualitas setiap orang (people) yang memberikan layanan.
Pelatihan yang mendalam kepada para karyawan perusahaan menjadi penting dan menjadi strategic sifatnya. Pelatihan dan perbaikan terus menerus dari setiap karyawan oleh manajemen yang penting melalui pembelajaran, contoh dan langsung aplikasi dalam kehidupan atau akvitas bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.