Luar Biasa Potensi Mahasiswa

web potensiAda yang luar biasa yang saya dapatkan dari kelas kemaren ketika mengajar entrepreneurship. Kelas yang memberikan inspirasi sekali buat saya karena memang inilah yang saya tuju yaitu bagaimana bisa membuat entrepreneur sukses dari kampus. Entrepreneur yang memiliki comparative advantage dengan memiliki knowledge business dan manajemen tinggal dikembangkan agar menjadi competitive advantage dalam berbisnis.

            Percaya atau tidak, dari dua kelas yang saya ajar kemaren, hampir 98% siswa memilih untuk menjadi entrepreneur. Hanya dua persen yang akan menjadi karyawan. bahkan satu kelas 100% akan menjadi entrepeneur, tidak ada yang akan menjadi karyawan, baik diperusahaan swasta maupun BUMN dan pegawai negeri. Ada apa ini?

            Inilah fenomena yang terjadi saat ini dimana anak muda lebih memilih menjadi pengusaha ketimbang pegawai yang bagi mereka akan sangat terikat dengan berbagai aturan yang membelenggunya dalam pekerjaan sehari-hari. Fenomena yang membuat saya puas karena inilah yang saya harapkan dan terjadi, bagaimana nantinya mahasiswa itu harus menjadi job creator daripada job seeker.

            Pertanyaan selanjutnya adalah apa potensi mereka yang akan digali dan dikembangkan dalam berbisnis. Hal ini menjadi dasar untuk mereka menjadi entrepreneur karena diharapkan mereka dapat menjadi entrepreneur sesuai dengan potensi diri dan juga passiion yang dimiliki oleh setiap orang. Penting untuk melakukan ini karena jelas nantinya mereka akan sukses dalam bisnis dan untuk menjalankan bisnis, akan dihadapkan kepada banyak masalah. Inilah peranan dari passion dan potensi yang akan mampu membuat entrepeneur tetap on the track dalam menjalankan bisnis dan menggapai tujuan dan mimpi mereka.

            Saya mengejar potensi mereka dengan bertanya hobi mereka masing-masing. Pada kaget semua karena tidak pernah menanyakan hal ini kepasa mereka. padahal, mereka membutuhkan hal ini untuk mengetahui apa yang mereka miliki dan bagaimaan peluang diluar diri mereka sehubungan dengan potensi diri tesebut. Keluarlah pernyataan masing-masing tentang potensi dan luar biasa, potensi mereka sangat bagus. Ada di kuliner, ada di fashion, ada di otomotif, desain dan lain-lain.

            Memang metode ini belum terlalu valid, akan tetapi, bisa dioptimalkan bila bisa dipahami dengan baik dan apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkannya. Mereka sangat senang dengan pengenalan kepada potensi diri ini. banyak diskusi yang bisa dilakukan.

            Selanjutnya ditanyakan apa aktivitas atau pekerjaan orang tua mereka. Luar biasa lagi, hampir semua nya adalah anak pengusaha. Orang tua mereka berbisnis dan semuanya sudah dijalankan sejak mereka kecil. Mereka sudah terlibat juga dalam bisnis tersebut dengan ajakan dari kedua orang tua. Ada satu nilai yang dapat diambil, percaya atau tidak, hobi mereka itu yang boleh saya sebut potensi diri mereka itu sejalan dengan bisnis orang tua mereka masing-masing. Kebanyakan mereka memiliki hobi yang selaras dengan bisnis orang tua.

            Hal ini mengingatkan saya kepada satu buku yang menjelaskan bagaimana seorang entrepreneur itu bisa berdasarkan genetik atau DNA dari orang tua. Anak didik saya sudah mendapatkan DNA seorang pengusaha. Saya mengajak mereka untuk bersyukur karena sudah dianugerahi sesuatu yang luar biasa. Tinggal mereka mengembangkan potensi bisnis yang ada dalam diri tersebut.

            Salah satu pendukungnya adalah belajar di kelas saya ini, kelas entrepreneurship yang memang diberikan selama dua semester dengan dosen yang berbeda. Pembelajaran akan bisa meningkatkan potensi dalam diri agar bisa menjadi entrepreneur sukses tadi. Jangan sampai tidak berkembang dan tidak memberikan kontribusi apa-apa bagi para entrepeneur.

            Kegiatan lainnya yang diperlukan adalah bagaiamana mereka bisa bergabung dengan kokmunitas bisnis yang dapat mendorong dan memberikan stimuli agat terus berkembang sebagai seorang entrepreneur. inilahyang perlu dilakukan dan saya berikan dikelas. Sekali lagi, luar biasa anak-anak mahasiswa ini. sukses buat kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.