Management Itu Tidaklah Rumit ( Business Process )

Management Itu Tidaklah Sulit

Business process, management itu tidaklah rumit. Mengambil dari judul salah satu bab dari buku tentang Jack Welch yang jenius dalam mengawal berjalannya perusahaan general electric. GE way field book.

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari untuk keberlangsungan hidup bisnis kita, kita bisa mengambil banyak pelajaran untuk dijadikan pondasiĀ  awal budaya organisasi bisnis kita.

Tahu kah bagaimana peran leadership di organisasi perusahaan ? Dan seberapa penting gaya kepemimpinan yang kita tetapkan berpengaruh pada peruasahaan kita ?

Banyak dari para pengusaha pemula yang tidak peduli terhadap hal ini. Kepemimpinan yang diterapkan oleh pengusaha ketika membangun bisnis akan menjadi budaya tersendiri.

Babak awal dari Business Process modern ditandai dengan satuan komando dari hulu sampai hilir yang ramping dan memotong banyak birokrasi yang terlampau gemuk. Padahal sebelumnya garis komando organisasi bisnis dari tahun 50an, 60an hingga 70an , mengunakan system komando militer, yang mana tidak ada alur komunikasi dua arah. Sistem komando dibuat dengan budaya militer. Atasan memerintah, para manajer dan staff mengikuti perintah. Layaknya jendral memerintah , sersan dan prajurit melaksanakan.

Hal ini dinilai buruk oleh Jack Welch, alur seperti ini membuat informasi dan gagasan dari lapangan tidak seutuhnya sampai kepada pemimpin perusahaan. Kita sering mnyebutnya bottle neck, ketika gagasan yang cerdas dari lapangan tidak sampai ke pimpinan, padahal dengan melihat situasi persaingan seperti sekarang, fakta-fakta dari lapangan harus tersampaikan agar pimpinan bisa memutuskan kebijakan secara rasional, hal itu yg sangat sulit didapatkan pada budaya kepemimpinan alur militer.

Kepemimpinan efektif menjadi gagasan utama dalam pembahasan Jack Welch mengenai management yang tidak rumit. Salah satu kriterianya, semakin sedikit orang yang melakukan pengaturan, semakin baiklah perusahaan. Ini artinya semakin banyak keputusan keputusan lapangan yang bisa di tentukan oleh satuan paling kecil maka semakin baik juga perusahaan.

Keputusan yang rasional , yang didapat dari informasi yang valid sesuai dilapangan, yang menjadi kunci keberhasilan management proses untuk terus bertahan dalam era persaingan global.

Sudahkah kita siap menghadapi persaingan global dengan memulainya dariĀ  “budaya kepemimpinan” ?


Atau kita terus terlena dengan masalah kecil perusahaan kita sehingga tidak menghiraukan pondasi yang kuat untuk persaingan 2015?


Be aware for asian free trade economy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.