Manager Belum Tentu Leader

web leaderBeberapa waktu yang lalu, ada kesempatan untuk bertemu dengan teman yang menjadi bawahan seorang manager dalam suatu perusahan besar. Bahkan perusahaan tersebut sangat dikenal karena memproduksi produk-produkyang bersifat stratejik bagi negara ini. luar biasa pada awalnya.

            Namun demikian, beliau menceritakan bagaimana beliau menjadi bawahan seorang manajer yang seringkali tidak sesuai dengan yang seharusnya seorang manajer lakukan. Apa itu? Seorang manager seharusnya menjalankan peranan sebagai seorang pemimpin atau leader dalam kesehariannya, khususnya dalam menjalankan tugas sehari-hari. Akibatnya adalah seingkali beliau berbeda pendapat tentang suatu hal dan langsung mengambil keputusan secara otoriter, padahal keputusan yang dibuat itu kurang tepat.

            Belum lagi tanggapan dari teman-teman sekantor yang membuat telinga merah karena perilaku manajer tadi yang selalu menjelek-jelekkan bawannya. Didepan bawahan mencoba berbuat baik, akan tetapi, dibelakang bawahan, seringkali menjelek-jelekkan bawahan bila bawahan tersebut salah. Harapannya adalah beliau membela bawahan bila terjadi sesuatu kesalahan, bukannya menjelek-jelekkan.

            Hmmmmm…. dalam hati bertanya, kok bisa ya? Kondisi ini mengingatkan kepada peran seorang manajer dalam perusahaan. apalagi bagi seorang entrepreneur yang memang harus menjalankan peranan sebagai seorang manajer karehan entrepreneur dituntut untuk menjalankan manajemen dalam bisnis bila ingin membuat bisnis tersebut tumbuh dan berkembang dan juga memiliki usia yang jangka panjang.

            Manajer tidak bisa lepas dari konsep management yaitu bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Hal ini menggambarkan bahwa manajer itu bekerja dengan dan melalui orang lain sehingga jelas seorang manajer tidak bisa dilepaskan dari bawahan mereka. Dalam konsep manajemen, orang itu adalah sumber daya utama yang harus dikelola dengan baik karena sebenarnya, manager itulah yang bergantung kepada bawahan.

            Manajer memiliki peranan yang sangat stratejik dalam hal kepemimpinan. Leadership adalah salah satu peranan penting dan bersifat stratejik dalam manajemen. Manajemen seorang entrepreneur tidak akan jalan bila tidak memiliki leadership yang kuat. Kenapa demikian? Karena manajemen membutuhkan proses yang disebut sebagai action atau menjalankan rencana dan tahap ini membutuhkan leadership yang kuat.

            Hal ini menjelaskan bahwa manajemen berbeda dengan leadership akan tetapi saling berhubungan. Kasus diatas menggambarkan bahwa banyak sekali seorang manajer tidak memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dalam menjalankan peranan mereka dalam manajemen perusahaan. hal ini disebabkan oleh manajer seringkali diangkat karena surat keputusan  yang diberikan oleh manajemen perusahaan kepada mereka.

            Berbeda dengan leaderhsip yang secara konseptual berarti bagaimana kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain. Hal ini bisa dibentuk oleh pengetahuan, pengalaman, keterampilan yang dimiliki oleh orang tersebut. Akibatnya adalah seorang leader tidak perlu membutuhkan surat keputusan dari orang lain.

            Idealnya adalah seorang manajer memiliki leadership yang kuat sehingga dapat menjalankan proses manajemen dalam perusahaan. Begitu juga dengan seorang entrepreneur untuk mencapai sukses mereka. Salam juara….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>