Manajemen dalam Strategic Management

Mempelajari konsep manajemen dalam strategic management adalah sesuatu yang harus dilakukan. Kenapa demikian? konsep ini berhubungan dengan manajemen stratejik itu sendiri.

Perlu pemahaman yang mendalam terhadap konsep manajemen ini. Salah satunya adalah fungsi-fungsi manajemen itu sendiri. Kalau menggunakan konsep Terry, terdapat empat fungsi yang relevan yaitu planning, organizing, actuating dan controlling (POAC).

Dalam proses manajemen strategis, hal ini juga berlaku konsep POAC tersebut. Proses tersebut harus dipahami dengan baik. Jadi, sangat jelas kebutuhan pemahaman akan konsep ini bagi setiap orang yang ingin mempelajari manajemen strategi.

Kita bisa bandingkan dengan konsep yang ada dalam manajemen stratejik. Konsep planning berhubungan dengan environmental scanning. Perlunya melakukan analisis terhadap lingkungan internal dan external dari bisnis kita.

Konsep organizing berhubungan dengan bagaimana merumuskan strategi perusahaan. atau yang lebih dikenal dengan strategic formulation. Konsep ini berhubungan dengan penentuan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan. kegiatan ini harus jelas.

Konsep actuating berhubungan dengan bagiamana membuat strategic implementation. Pelaksanaan strategi harus berisikan program, budgeting dan prosedur. Kejelasan tiga konsep ini  perlu bagi setiap entrepreneur.

Konsep terakhir adalah controlling. Konsep ini berhubungan dengan monitoring dan evaluation. Jelas sekali bagaimana kita menjelaskan konsep manajemen dalam strategic management ini. Akan lebih mudah memahaminya.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.