Manajemen dan Rapat Evaluasi

Evaluation   Dalam setiap bisnis yang dijalankan oleh para entrepeneur, tidak akan pernah bisa dilepaskan dengan manajemen yang diterapkan oleh entrepeneur tersebut. manajemen menjadi tool yang dapat digunakan untuk menjamin sustainability dari bisnis dan mencapai efektifitas dan efisien dari setiap aktivitas bisnis yang dijalankan.
Salah satu proses yang ada dalam manajemen adalah evaluasi dan kontrol yang harus dilakukan oleh setiap entrepeneur. kegiatan ini menjadi strategis untuk setiap pencapaian tujuan sudah ditetapkan pada waktu pelaksanaan planning
Inilah tugas yang harus dilaksankaan oleh setiap entrepeneur. sejauh mana peran seorang entrepeneur sebagai manajer melakukan peran sebagai evaluator? Inilah yang harus menjadi perhatian entrepeneur seiring berkembangnya bisnis yang dijalankan.
Setelah melakukan evaluator, peran yang harus dijalankan juga adalah membuat action plan untuk perbaikan setiap hasil evaluasi yang sudah didapat. Ada kata kunci dari setiap evaluasi yang dilakukan yaitu adanya gap atau kesenjangan dari apa yang diharapkan dengan apa yang dicapai.
Kemarin saya melakukan evaluasi dua mingguan atas kinerja yayasan yang ditargetkan pada awal bulan. memang ada peningkatan kinerja akan tetapi, terjadi juga gap antara harapan dengan realisasi yang terjadi.
Ini wajar terjadi dalam setiap proses yang dilalui oleh setiap organisasi ataupun bisnis. Yang paling penting adalah bagaimana kecepatan entrepeneur mengetahuai dan mengambil tindakan yang bisa meminimalisir dampak atas gap tesebut. Apa yang dilakukan?
Membuat action plan dan hari ini, mulai menjalankan apa yang direncanakan kemaren. Alhamdulilillah, mulai berjalan dan harus ada konsistensi dalam menjalankan action plan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.