Artikel

TETAPLAH BACA ATURAN DALAM IMPLEMENTASI PKBL

Posted by:  | on March 22, 2013

Salah satu lingkungan yang harus diperhatikan oleh pengelola program kemitraan dan bina lingkungan adalah aturan.

Aturan pemerintah menjadi sangat stratejik bagi pelaksanaan program PKBL tersebut. selengkapnya>>>

KPI INDIVIDU

Posted by:  | on March 21, 2013

Belajar dari perusahaan yang menerapkan key performance indicator sangat bermanfaat bagi perusahaan.

KPI sendiri adalah alat ukur yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan perusahaan karena adanya ukuran yang jelas. selengkapnya>>

Isu-isu Untuk Program PKBL

Posted by: | on March 1, 2013

Setiap orang yang bertanggung jawab pada program pkbl dituntut untuk bisa mengelola isu yang relevan dengan pkbl mereka.
Kenapa harus isu? Isu bukannya tidak baik? Isu terkesan negatif dalam keseharian kita.
Baca Selengkapnya>>

Perkuat Tim Manajemen PKBL

Posted by: | on February 28, 2013

Pelajaran ini saya dapatkan dalam evaluasi pelaksanaan Program PKBL dibeberapa BUMN.

Kenapa demikian? Bisa dibayangkan dana kurang lebih 70 triliun rupiah sudah digulirkan sejak dijalankan program ini.

Baca Selengkapnya>>

PROGRAM CSR DIPAHAMI OLEH ORANG HUMAS

Posted by:  | on February 8, 2013

Teman-teman yang bertugas di departemen hubungan masyarakat (humas) atau yang lebih dikenal dengan Public relations (PR) seringkali terkesan tidak terlibat secara dalam program Corporate Social Responsibility/CSR dan ataupun PKBL.

Mitra binan butuh pendampingan

Posted by: | on January 28, 2013

Salah satu isu utama yang berhubungan dengan program kemitraan dan bina lingkungan adalah bagaimana pendampingan bagi mereka dalam menumbuhkembangkan bisnis mereka.
Baca Selengkapnya >>

Tetaplah Baca Aturan dalam Implementasi PKBL

Posted by: | on January 21, 2013

Salah satu lingkungan yang harus diperhatikan oleh pengelola program kemitraan dan bina lingkungan adalah aturan.

Aturan pemerintah menjadi sangat stratejik bagi pelaksanaan program pkbl tersebut.

Baca Selengkapnya >>

 

Apa yang Dibutuhkan Pengelola PKBL?

Posted by: | on January 16, 2013

Dalam forum pengelola program kemitraan dan bina lingkungan atau pkbl di salah satu daerah dikalimantan, saya dapatkan value yang sangat berharga.
Mereka membutuhkan berbagai knowledge tentang isu-isu yang berhubungan dengan pkbl itu sendiri karena akan sangat menentukan keberhasilan program pkbl tersebut.
Baca Selengkapnya >>

Menggunakan Hukum Pareto Bagi Mitra Binaan

Posted by: | on January 15, 2013

Program kemitraan dan bina lingkungan atau yang lebih dikenal dengan PKBL  harus memberikan value bagi perusahaan yang memberikan program pkbl tersebut.
Secara tersirat pun dalam iso 26000: 2010 tentang guidance on social responsibility memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan benefit dari program CSR  tersebut.
Baca Selengkapnya >>

Membantu Panti Asuhan

Posted by: | on January 14, 2013

Rasa senang yang tak terbendung ketika anak coach saya berhasil mendapatkan donasi buat salah satu panti asuhan sebesar 18 juta rupiah dari salah satu bank swasta di bandung.
Bentuk bantuan dalam konteks pkbl adalah termasuk pada bina lingkungan yang merupakan bantuan yang tidak perlu dikembalikan.
Baca Selengkapnya>>

Percepatlah Kesejahteraan Karyawan Dulu

Posted by: | on January 11, 2013

Dalam rangka menerapkan iso 26000 diperusahaan saya sendiri, terbetik satu subjek inti dalam standar internasional ini.
Temanya adalah bagaimana mensejahterakan karyawan terlebih dahulu dalam perusahaan sebagai salah satu tanggung jawab sosial perusahaan kepada stakeholdernya…
Baca Selengkapnya >>

Apa yang Dibutuhkan Pengelola PKBL?

Posted by: | on January 10, 2013

Dalam forum pengelola program kemitraan dan bina lingkungan atau pkbl di salah satu daerah dikalimantan, saya dapatkan value yang sangat berharga.
Mereka membutuhkan berbagai knowledge tentang isu-isu yang berhubungan dengan pkbl itu sendiri karena akan sangat menentukan keberhasilan program pkbl tersebut.
Baca Selengkapnya >>

Harapan Pelaku UMKM Kepada Program CSR

Posted by: | on January 9, 2013

UMKM sudah banyak yang tertarik untuk mengembangkannya seiring dengan kepentingan para perusahaaan intuk bisnisnya.
Terlepas dari itu, jelas sekali umkm membutuhkan bantuan dari perusahaan tersebut, khususnya dari program Corporate Socila Responsibility atau CSR.
Baca Selengkapnya >>

Data Base Mitra Binaan PKBL

Posted by: | on January 4, 2013

Dalam diskusi dengan pelaku dan manajemen perusahaan BUMN yang mengurusi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau yang lebih dikenal dengan PKBL, saya mendapatkan isu yang sangat menarik dan berhubungan dengan mitra binaan yang telah mereka berikan dana pinjaman dan pelatihan dalam kerangka PKBL tersebut.
Baca Selengkapnya >>

Mendesain Program PKBL

Posted by: | on January 3, 2013

Dalam satu kesempatan kemaren, saya diminta untuk membantu salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang berpusat di Bandung dalam kegiatan mendesain program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau PKBL di perusahaan mereka.
Kegiatan ini berhubungan dengan peningkatan manfaat PKBL kepada masyarakat disekitar perusahaan yang menjadi tanggung jawab dan merupakan stakeholder perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan kedepannya.
Baca Selengkapnya >>

Mengelola Program CSR Secara Optimal

Posted by: | on January 2, 2013

Tahun 2013 ini diprediksi akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi perusahaan dalam konteks ancaman bagi perusahaan ditengah prediksi krisis ekonomi yang membayangi bangsa ini dengan indikasi inflasi dan nilai tukar uang terhadap mata uang asing.
Kenaikan bahan baku, tarif dasar listrik, bbm adalah beberapa indikator yang dapat menggambarkan inflasi nantinya. belum lagi dengan perubahan situasi politik bangsa ini yang akan menghadapi pemilihan umum, baik tingkat kabupaten kota, provinsi dan nasional.
Baca Selengkapnya >>

Program pengembangan umkm di indonesia…

Posted by: | on December 28, 2012

Permasalahan yang dihadapi oleh para entrepreneur saat ini adalah sangat kompleks karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis tersebut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi umkm ini bisa diurai satu-satu dalam bentuk hal-hal yang sangat berhubungan dengan umkm tersebut.

Baca Selengkapnya >>>

Membangun Program CSR yang Berkelanjutan

Posted by: | on December 27, 2012

Dalam sebuah buku yang berjudul Mendirikan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang merupakan hasil tulisan dari Mohammad Iqbal yang saya baca tadi pagi, memberikan pelajaran berharga buat saya sehubungan dengan pembahasan tentang program CSR.
Penekanan yang saya ambil bukan karena ada bahasan bagaimana mendirikan dan mengembagnkan LKM tetapi ada dasar pemikiran yang sangat penting dan strategis menurut saya tentang bagaimana awalnya penulis mendirikan LKM ini.
Baca Selengkapnya >>

Penerima Program PKBL

Posted by: | on December 27, 2012

Salah satu program utama dalam konteks pkbl atau program kemitraan dan bina lingkungan adalah program dalam memberikan pinjaman kepada para pengusaha mikro ataupun kecil yang ada dan memenuhi syarat sesuai dengan peraturan menteri bumn no 5 tahun 2007.
Masalahnya adalah apa yang lebih utama dimiliki oleh seorang calon mitra atau penerima program pkbl tersebut? Yang secara normatif sudah ditetapkan dalam permen bumn tersebut.
Baca Selengkapnya >>

Program PKBL untuk pengusaha muda

Posted by: | on December 26, 2012

Kemaren saya di BBM oleh salah seorang anak binaan saya di Gerakan Indonesia Muda Berbisnis Foundation (GIMB Foundation) tentang ketertarikan mereka untuk mendapatkan dana dari program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) negara ini.
Baca Selengkapnya >>

 

Csr dan competitive advantage…

Posted by: | on December 25, 2012

Program corporate social responsibility atau yang lebih dikenal dengan csr sudah menjadi salah satu program utama perusahaan.

Program csr tersebut memiliki acuan atau arahan yang dibuat dalam Iso 26000: 2010 tentang guidance on social responsibility.

Baca Selengkapnya >>

 

Pengetahuan tentang csr

Posted by: | on December 23, 2012

Dalam kuliah manajemen stratejik semalam, mendapatkan ilmu dari Prof Sucherly sangat penting dan bersifat stratejik buat buat saya ketika membahas value dalam konteks perusahaan dan diberikan oleh perusahaan.

Value bagi perusahaan tersebut beberapa tingkatan dan CSR adalah value yang diberikan kepada sosial setelah value yang lain dipenuhi agar benar-benar bermanfaat bagi perusahaan dan sosial itu sendiri.

Baca selengkapnya >>>

Tulus dalam program CSR

Posted by: | on December 21, 2012

Program Corporate Social Responsibility atau yang lebih dikenal dengan CSR telah banyak dijalankan oleh perusahaan diseluruh dunia dan bahkan di negara kita sendiri saat ini.

Baca Selengkapnya >>>

CSR itu harus harus bersifat stratejik….

Posted by: | on December 20, 2012

Corporate social responsibility atau yang dikenal dengan CSR harus memberikan kontribusi kepada pencapaian tujuan perusahaan berupa profit, people dan planet serta sustainability dari perusahaan kita.
Oleh karena itu, CSR harus bersifat stratejik bagi perusahaan yang memiliki konteks organisasi sosial yang terdiri dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal.
Baca Selengkapnya >>>

CSR dan Action Oriented

Posted by: | on December 19, 2012

Berbicara tentang corporate social responsibility atau csr sudah banyak yang ahlinya dan mereka membahas teori-teori yang sangat baik untuk kemajuan program CSR ini sehingga akan mampu meningkatkan kesejahteraan sosial nantinya.
Baca Selengkapnya >>

Memberikan Program CSR Kepada Orang yang Tepat, dan Cara yang Tepat juga

Posted by: | on December 18, 2012

Sudah banyak anggaran Corporate Social Responsibility yang digulirkan oleh perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara atau BUMN kepada masyarakat di seluruh Indonesia karena perusahaan-perusahaan tesebut juga tersebar luas diberbagai daerah.
Akan tetapi, kenapa secara ekonomi masih banyak masyarakat yang masih berada dibawah garis kemiskinan, meskipun kata teman saya sebenarnya di dalam garis kemiskinan tersebut juga masih banyak ha2.. ada-ada saja.
Baca Selengkapnya >>

Jangan hanya menghambur-hamburkan uang untuk program CSR

Posted by: | on December 15, 2012

Sekali lagi, CSR harus dilihat dalam konteks strategi perusahaan untuk mencapai sustainability seiring dengan perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat dan sangat kompleks dan berimbas kepada perusahaan.

Baca Selengkapnya >>

Corporate Social Responsibility

by : Meriza Hendri

Corporate Social Responsibility atau yang sering dikenal dengan CSR sudah menjadi perhatian utama banyak kalangan saat ini, baik ditingkat pemerintahan, perusahaan, organisasi nirlaba dan lain-lain. Perhatian ini berhubungan dengan manfaat yang dirasakan dan tuntutan dari pada masyarakat saat ini.

Apa relevansinya dengan perusahaan? perusahaan memiliki tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjang sebagai hasil daripada usaha yang mereka jalankan.

Baca Selengkapnya >>


CSR dan Sustainability Perusahaan

by : Meriza Hendri

Mata kuliah di kampus kemarin sangat berkesan dan sangat bermanfaat bagi saya karena menyangkut sustaniability dalam bisnis. Seperti dalam bahasan sebelumnya, konsep sustainability ini harus menjadi pemikiran seorang entrepreneur sukses karena menyangkut keberlangsungan bisnis mereka untuk jangka panjang.
Salah satu isu yang menjadi perhatian utama dalam kerangka sustainability bisnis adalah program Corporate Social Responsibility atau CSR bagi perusahaan, baik perusahaan kecil, menengah ataupun besar dalam menjalankan usaha mereka.
*

Evaluasi program CSR berbasis IT

Nah lho… apalagi ni yang dibahas dalam kerangka Corporate Social Responsibility atau CSR ataupun Program Kemitraan dan Bina Lingkunan yang dijalankan oleh perusahaan. kok evaluasi CSR atapun PKBL berbasis Information Technonlogy/IT segala. Nggak perlu lagi.. kan sudah ada laporan tertulis dari para pelaku dan pengelola program CSR.

Ini adalah pernyataan yang meragukan atas manfaat IT dalam proses evaluasi program CSR tersebut. Dalam masa-masa dimana transparansi sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis, maka pemanfaatan IT sangat relevan dengan evaluasi atas program CSR tersebut.

Baca Selengkapnya >>

Pentingnya Internet Marketing bagi Pengusaha, GIMB Entrepreneur School Batch 39

Pembelajaran pada kelas terakhir dihari ini di GIMB Entrepreneur school diikuti oleh 10 orang. semua peserta sangat antusias dalam mengikuti kelas ini. Kelas yang membahas tentang internet marketing, memulai bisnis online secara mudah, dan bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai sarana jualan.Dan pembahasan tentang langkah-langkah memulai marekting online yang dipandu langsung oleh Bp. Bekti Soehartono sebagai pengajar dan praktisi internet marketing serta kursus internet marketing sebagai berikut, diharapkan dengan langkah mudah ini dapat menghasilkan Side Income di Internet, dapat membantu anda dan meningkatkan penghasilan anda berlimpah ruah dan makmur….

Baca Selengkapnya >>

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>