CSR/PKBL

Memberikan yang Terbaik Kepada Lingkungan

Pernyataan ini terkesan basa-basi deh. Kenapa demikian? Karena tentu harus meperlihatkan bagaimana relevansinya dengan bisnis kita sendiri. Akan tetapi, perlu kita cermati dengan baik pernyataan tersebut.

Dalah satu laporan penelitian yang saya baca di suatu media elektronik, Kadin nya Amerika bahkan menyatakan fokus setiap pebisnis saat ini harusnya kepada program CSR. Program ini akan sangat mempengaruhi bisnis kita nantinya. Selengkapnya>>

***

Berbisnis Dengan Etika

Seiring dengan akan dinaikkannya harga bahan bakar minyak atau BBM hari ini, semakin “kreatif” pula masyarakat kita. “Kreatif” akan tetapi tidak mempertimbangkan etika bisnis. Kenapa demikian? Karena dalam bisnis agar bisa mencapai sustainability harus memperhatikan etika bisnis.

Apa yang terjadi? Para pebisnis yang bertransaksi dengan BBM memanfaatkan momentum akan dinaikkannya harga BBM. Dari konsep entrepreneurship mereka sudah benar. Karena mereka bisa meluang peluang dari suatu perubahan lingkungan bisnis. Selengkapnya>>

***

Senangnya Program CSR untuk Sekitar Perusahaan Kita

Kegiatan corporate social responsibility yang dijalankan oleh satu perusahaan di Bogor sangat memberikan value bagi saya sebagai akademisi dan entrepreneur juga. Kenapa demikian?

Hal ini sangat relevan dengan pengembangan bisnis jangka panjang. Salah satu aspek yang diperhatikan adalah kehidupan keluarga karyawan. Dalam pemahaman sebagian orang, seringkali csr dihubungkan dengan pemenuhan kewajiban pada orang luar perusahaan.

Aspek ini yang menjadi penting. Penting karena orang lain benar-benar dianggap sangat penting bagi perusahaan. Akan menjadi salah pengertian bagi kita sebagai entrepreneur. Awal nya harus disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Selengkapnya>>

***

Bagaimana Mendapatkan Dana CSR?

Salah satu konsep utama dalam pengelolaan dana CSR adalah bagaimana dana CSR tersebut memberikan value kepada para binaan. Value tersebut berupa peningkatkan kapasistas bisnis mereka. Ujung-ujungnya adalah bagaimana bisnis tersebut tumbuh dan berkembang.

Perusahaan yang memberikan dana CSR mereka akan sangat senang denang hasil yang didapatkan oleh para pengusaha. Kenapa demikian? Mereka sangat berkepentingan dengan kualitas daripada program CSR nya.

Oleh karena itu, ketika kita bertanya, apa syarat untuk mendapatkan dana CSR? Kembali kepada konspe CSR tersebut. Hal mendasar yang kita harus miliki adalah apakah bisnis kita tersebut memiliki konsep yang jelas. Konsep ini penting untuk dipahami. Selengkapnya>>

***

Kok Ngga Ada Tanggung Jawabnya Sih?

Tanggung jawab setiap entrepreneur bagi para stakeholder adalah bentuk corporate social responsibility perusahaan. Konsep ini relevan dengan CSR yang dimiliki oleh para entrepreneur. Tanggung jawab entrepreneur inilah yang harus menjadi perhatian awal. Benarkah demikian? Ya iyalah.

Sebagai contoh, tanggung jawab kepada konsumen. Tadi pagi, saya membahas kegagalan suatu perusahaan mengembalikan uang konsumen. Sudah beberapa bulan dijanjikan bahwa mereka akan membayar kewajiban mereka kepada konsumen. Akan tetapi, belum juga tuh. Malah ngga ada kabarnya. Selengkapnya>>

***

Berikan yang Terbaik Bagi Para Stakeholder

Satu hal paling penting dalam konteks Corporate Social Responsibility atau CSR adalah bagaimana memberikan value terbaik kepada para stakeholder perusahaan. Tentu kita harus ingat kembali konsep stakeholder tersebut dengan baik. Apa itu? masih ingatkah?

Hal ini adalah prasyarat utama dalam konteks CSR tersebut. Mereka adalah orang-orang yang memiliki pengaruh atau terpengaruh oleh kebijakan dan juga aktivitas perusahaan. Tentu mereka sangat penting bagi perusahaan. Kalau tidak. Akan mempengaruhi perusahaan jangka panjang.

Tentu perusahaan ingin adanya sustainability bagi perusahaan. Sustainability atau keberlanjutan adalah harapan para entrepreneur. Tidak ada yang berharap perusahaan itu hanya jangka pendek. Akan selalu berharap bisa lebih dari 10 tahun. Selengkapnya>>

***

Kepedulian Entrepreneur Kepada CSR

Dalam hal bisnis, para entrepreneur saya tekankan untuk memahami csr dengan baik. Pemahaman ini penting bagi mereka. Salah satu tujuan utamanya adalah sustainability bisnis mereka. Kepedulian mereka terhadap aspek profit, people dan planet. Apalagi pada aspek sustainability.

Suka tidak suka, pembelajaran ini sangat penting. Kepentingan bagi para entrepreneur itu sendiri. Apa itu? bagaimana mereka saya ajak untuk memikirkan bagaimana membuat bisnis mereka bisa bertahan jangka panjang. Minimal ya…. 10 tahun lah. itu yang paling penting.

Berdasarkan temuan saya selama ini, banyak entrepreneur yang belum memikirkan hal tersebut. Khususnya keberlangsungan bisnis mereka kedepannya. Keberlangsungan akan bisnis kedepannya. Itu yang sangat penting bagi mereka. Selengkapnya>>

***

Buat Siapa Corporate Social Responsibility

Konsep CSR atau corporate social responsibility sudah menjadi konsep yang banyak dibahas oleh para ahli manajemen dan juga praktisi bisnis. Hampir semua orang bicara tentang CSR ini. Akan tetapi, perlu disadari, buat siapa sebenarnya CSR tersebut.

Secara mendasar, bagi Saya, CSR tersebut harus mampu memberikan value kepada seluruh stakeholder perusahaan. Ingat, konsep stakeholder disini dimaksud adalah setiap orang dan pihak yang mempengaruhi dan terpengaruh oleh kebijakan dan kegiatan perusahaan. Lalu? Selengkapnya>>

Corporate Social Responsibility

by : Meriza Hendri

Corporate Social Responsibility atau yang sering dikenal dengan CSR sudah menjadi perhatian utama banyak kalangan saat ini, baik ditingkat pemerintahan, perusahaan, organisasi nirlaba dan lain-lain. Perhatian ini berhubungan dengan manfaat yang dirasakan dan tuntutan dari pada masyarakat saat ini.

Apa relevansinya dengan perusahaan? perusahaan memiliki tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjang sebagai hasil daripada usaha yang mereka jalankan.
*
Tujuan jangka panjang yang hendak dicapai adalah sustainability atau keberlangsung usaha tersebut dengan tetap memberikan benefit kepada perusahaan. Jadi, tujuan utama daripada program CSR perusahaan ini adalah untuk mencapai sustainability perusahaan.
*
Selanjutnya adalah apakah CSR tersebut hanya untuk perusahaan besar saja? bagaimana dengan perusahaan mikro ataupun kecil? jawabannya sangat sederhana bahwa seluruh perusahaan, baik kecil, besar bahkan mikro juga dituntut untuk menerapkan program CSR ini dengan tujuan yang sama yaitu mencapai sustainability usaha mereka.
***
*
 *

CSR dan Sustainability Perusahaan

by : Meriza Hendri

Mata kuliah di kampus kemarin sangat berkesan dan sangat bermanfaat bagi saya karena menyangkut sustaniability dalam bisnis. Seperti dalam bahasan sebelumnya, konsep sustainability ini harus menjadi pemikiran seorang entrepreneur sukses karena menyangkut keberlangsungan bisnis mereka untuk jangka panjang.

Salah satu isu yang menjadi perhatian utama dalam kerangka sustainability bisnis adalah program Corporate Social Responsibility atau CSR bagi perusahaan, baik perusahaan kecil, menengah ataupun besar dalam menjalankan usaha mereka.
*
CSR berhubungan dengan bagaimana perusahaan mencapai tujuannya yaitu PRofit, People dan Planet seperti yang dijelaskan oleh John Elkington.
*
Dalam konsep ini, CSR harus mampu memberikan kesejahteraan ekonomi, Sosial dan lingkungan disekitar atau dimana perusahaan tersebut beroperasi.
***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>