Melakukan Evaluasi Atas Strategi

Tadi pagi, memang saya rencanakan kekantor untuk melakukan evaluasi atas kinerja perusahaan. Kegiatan yang harus saya lakukan dalam kerangka strategic management. Kenapa demikian? inilah tugas yang paling utama bagi seorang ahli strategi. Evaluasi.

Suka tidak suka, dalam konsep manajemen, evaluasi dan kontrol adalah kegiatan yang sangat penting. Sangat menentukan keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dalam rencana mereka. Penting untuk dipahami. Capaian kegiatan akan kelihatan dari evaluasi ini.

Dalam konteks manajemen stratejik, evaluasi dilakukan dengan membandingkan antara rencana dengan hasil yang sudah dicapai. Perbandingan ini harus jelas. Artinya, indikator yang digunakan tersebut terukur dengan baik. Banyak hal-hal yang harus disederhanakan dan dapat dimengerti oleh para evaluator. Itulah yang saya lakukan tadi pagi.

Setiap program yang ada di perusahaan, saya evaluasi. Indikator capaian yang sudah ditetapkan, itulah dasarnya. Banyak penyimpangan yang terjadi, tentunya. Hal ini biasa tetapi harus dicermati. Sangat penting melihat gap nya.

Sekarang, apa yang harus dilakukan? dapat berangkat dari gap atau kesenjangan tersebut. Kesenjangan yang terjadi dan penyebabnya. Penting untuk dipahami hal ini. penyebab harus dicarikan solusinya. Solusi akan menjadi pijakan dalam perbaikan kedepannya.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.